Tips & Trik

Ubah Nama Hotspot Pribadi Agar Lebih Keren, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 08 Mar 2018 19:09 WIB
tips dan trik teknologi
Ubah Nama Hotspot Pribadi Agar Lebih Keren, Caranya?
Beberapa orang kerap mengandalkan WiFi hasil tethering dari ponselnya saat bekerja menggunakan laptop di tempt umum. (GETTY IMAGES).

Jakarta: Apakah Anda pernah merasakan fasilitas Wi-Fi gratis di sebuah kafe koneksinya lambat dan memilih menggunakan koneksi internet dari ponsel Anda atau tethering? 

Apabila iya mungkin Anda juga pernah kesulitan menemukan nama koneksi tethering yang berasal dari ponsel Anda. Biasanya hal ini terjadi karena model ponsel yang Anda gunakan cukup populer dan biasanya nama tethering menggunakan nama bawaan dari model ponsel tersebut.

Sebetulnya Anda bisa mengganti nama tethering ponsel Anda dengan nama yang mudah Anda maupun rekan Anda kenali saat hendak terhubung ke koneksi internet WiFi yang disediakan dari ponse Anda.

Berikut ini Medcom.id merangkum langkah untuk mengubah nama tethering ponsel Anda, namun perlu diingat bahwa nama ini juga akan digunakan pada saat Anda mengaktifkan Bluetooth dari ponsel tersebut.

1. Masuk ke halaman pengaturan ponsel
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakses halaman pengaturan atau settings di smartphone. Pada halaman tersebut, Anda harus mencari menu ke pengaturan koneksi jaringan dan wireless.



2. Mencari halaman fitur tethering
Setelah Anda menemukan halaman menu pengaturan jaringan dan wireless di dalam halaman tersebut pasti terdapat menu yang ditujukan untuk melakukan konfigurasi menu tethering. Apabila Anda bingung, beberapa merek smartphone menyebut fitur tethering dengan sebutan portable hotspot.



3. Melakukan konfigurasi tethering
Pada halaman pengaturan fitur tethering akan ada nama tethering perangkat Anda menu yang digunakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur tersebut. Di halaman tersebut juga akan tersedia menu yang berisi untuk pengaturan nama dan password atau kata kunci untuk bisa terhubung ke tethering ponsel Anda.



Anda bisa mengubah nama tethering perangkat Anda di barisan network name yang juga akan tampil pada saat Anda mengaktifkan koneksi Bluetooth. Jangan lupa di bagian bawah juga tersedia barisan yang berisi kolom password atau kata kunci tethering yang harus Anda buat tidak mudah ditebak pengguna lain yang menangkap sinyal tethering ponsel Anda.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.