Tips & Trik

Atur Berbagai Suara di Ponsel Anda, Ini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 02 Nov 2017 09:33 WIB
tips dan trik teknologi
Atur Berbagai Suara di Ponsel Anda, Ini Caranya
Mengatur volume setiap suara di smartphone.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahukah Anda bahwa perangkat smartphone Anda memutar beberapa jenis suara atau audio? Audio tersebut di antaranya adalah nada dering, notifikasi, alarm, volume suara saat menelpon, dan media seperti lagu atau video.

Semuanya memiliki suara yang berbeda-beda. Ada momen dimana ketika kita sudah mengecilkan sebuah volume ternyata saat kita memutar video atau lagu justru suaranya masih sangat  kencang malah nada deringnya sangat pelan. Ini disebabkan pengaturan suara yang kurang pas.

Metrotvnews.com sudah membuat panduan mudah untuk mengatur volume berbagai suara di smartphone.

1. Masuk ke menu 'Pengaturan'
Untuk melakukan konfigurasi di perangkat smartphone, semua pilihan menu konfigurasi terdapat di halaman 'Pengaturan' atau 'Setting'. Langkah pertama adalah masuk ke menu tersebut lewat dua cara. 

Pertama, lewat ikon 'sekrup' yang ada di barisan notifikasi yang muncul dengan menyapukan jari Anda pada layar smartphone dari bagian atas layar ke bawah. Nanti, Anda akan melihat ikon bergambar 'sekrup' yang berada di sudut pojok kanan atas.

Cara kedua adalah masuk ke halaman 'Pengaturan' atau 'Setting' lewat ikon yang berada di halaman homescreen perangkat Anda.



2. Temukan menu 'Pengaturan Suara'
Apabila Anda sudah masuk ke halaman 'Pengaturan', maka Anda akan menjumpai sederet menu konfigurasi yang berdasarkan bagian-bagian pada smartphone. Untuk melakukan pengaturan volume tentu saja hal tersebut harus dilakukan pada konfigurasi audio atau suara. 

Biasanya, menu tersebut diwakili dengan pilihan 'Sound' dan ikon bergambar 'pengeras suara'. Jika Anda sudah menemukannya maka masuk ke pilihan tersebut. Anda akan menjumpai banyak sekali konfigurasi terkait audio, tidak hanya volume, tetapi milih audio yang digunakan untuk beragam notifikasi, mulai dari nada dering, notifikasi SMS, notifikasi aplikasi, dan lain-lain.



3. Pilih menu 'Volume'
Nanti di dalam menu pengaturan audio atau 'Sound' Anda juga akan menemukan sebuah menu bernama 'Volumes'. Pilih menu tersebut untuk menemukan halaman yang berisi pengaturan volume untuk berbagai jenis audio atau suara di perangkat Anda.

Jika Anda berhasil menemukannya, maka Anda akan melihat sebuah tampilan berisi pengaturan volume dengan beberapa buah tombol geser. Umumnya, di kebanyakan smartphone, pembagian pengaturan volume suara terbagi atas 4, yakni nada dering, media atau musik/video, alarms, dan call atau suara saat melakukan panggilan.


 


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.