Tips & Trik

Headset Anda Bisa Lebih Awet, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 24 Sep 2017 14:49 WIB
tips dan trik teknologi
Headset Anda Bisa Lebih Awet, Caranya?
headset atau earphone adalah perangkat aksesoris yang wajib dimiliki oleh pengguna smartphone

Metrotvnews.com, Jakarta: Fungsi headset atau earphone bagi pengguna smartphone cukup penting.

Aksesori ini bisa dipergunakan untuk menerima telepon tanpa khawatir orang lain mendengar atau menerima telepon sambil melakukan kegiatan lain. Biasanya, orang-orang membeli perangkat ini demi mendengarkan musik.

Namun aksesoris tersebut tergolong cepat rusak, tidak bisa menghasilkan suara lagi. Umumnya, kerusakan disebabkan oleh penggunanya, beda cerita jika kualitas suaranya jelek sejak pembelian.

Menurut Sennheiser, brand pembuat headset atau earphone tersebut membagikan beberapa cara agar perangkat Anda lebih awet.

1. Jangan sembarang cabut
Pertama adalah hal yang mungkin kita tidak sadari, ketika mencabut headset dengan kondisi lagu masih terputar hal tersebut bisa menyebabkan perangkat audio di dalamnya cepat rusak.

Bunyi 'pop' yang berasal ketika headset langsung kita cabut saat musik memutar menandakan bahwa perangkat audio driver yang sedang berjalan mendadak berhenti, akibatnya lambat laun kualitas suara menurun.

Jadi ,langkah menonaktfikan headset yang benar adalah, matikan terlebih dahulu software audio yang berjalan lalu cabut headset dari perangkat. Satu hal yang juga diingat, jangan pernah memaksimalkan volume audio yang diputar karena beban kerja perangkat audio memiliki batasan kemampuan.



Jangan lupa ketika mencabut headset atau earphone pastikan Anda memebang bagian yang padat atau kepala ujung colokan, bukan kabelnya. Hal semacam ini sangat sering kita lupakan yang sebenarnya berakibat fatal terhadap kondisi jaringan kabel yang ada di bagian dalam. Hal ini juga harus diterapkan saat melepas ujung perangkat dari lubang telinga Anda, jangan pernah menarik bagian kabel.

2. Rajin dibersihkan
Kedua adalah rajin membersihkan bagian dari headset atau earphone yang digunakan. Sebuah headset atau earphone biasanya ada bagian yang bisa dilepaskan dan kerap kita temukan debu dibagian tersebut. Debu ini bisa dibersikan menggunakan sebuah kuas kecil atau kain yang dibasahi sedikit.



Bukan karena perangkat audio di dalamnya sangat sensitif terhadap debu atau kotoran, hal ini demi menjamin kesehatan penggunanya. Dalam beberapa kasus, ditemukan headphone atau earphone yang kotor tersebut menjadi tempat bertelur seranggga. Perlakukan headset atau earphone seperti celana dalam Anda, sebisa mungkin jangan pernah bertukar dengan orang lain.

3. Simpan dengan baik
Ketiga dan yang terakhir adalah simpan dengan baik headset atau earphone Anda. Jangan pernah menyimpannya dalam keadaan berantakan karena kondisi kabel perangkat yang kusut, selain membuat Anda sulit ketika ingin menggunakannya juga bisa mengakibatkan kerusakan.



Anda boleh menggulung kabel headset atau earphone Andai, tetapi jangan terlalu kencang supaya jaringan kabel di bagian dalamnya tidak terputus. Kondisi ini sering sekali terjadi dan akibatnya headset atau earphone hanya menghasilkan suara pada salah satu bagian saja atau biasa disebut 'mati sebelah'. Produk yang bagus biasanya menyediakan kantung atau kotak khusus untuk menyimpan.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.