Agar Lebih Enak Dilihat, Yuk Rapikan Homescreen Ponsel

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 13 Oct 2017 18:04 WIB
tips dan trik teknologismartphone
Agar Lebih Enak Dilihat, Yuk Rapikan Homescreen Ponsel
Aplikasi memenuhi layar homescreen smartphone.

Metrotvnews.com, Jakarta: Seorang pengguna smartphone tidak hanya dinilai dari tampilan luar perangkat smartphone-nya, tetapi juga homescreen atau halaman utama pada ketika layar smartphone diaktifkan.

Tentu saja, pengguna smartphone saat ini memiliki banyak aplikasi yang digunakan, apalagi jika perangkatnya memiliki kapasitas RAM dan memori internal yang lega. Terkadang aplikasi tersebut dibiarkan menjejali layar smartphone karena pengguna kerap acuh ketika aplikasi sudah diunduh.

Padahal jika seluruh aplikasi tersebut dirapikan susunannya, homescreen smartphone tidak hanya terlihat bersih tetapi juga memudahkan kita untuk mengaksesnya. Metrotvnews.com sudah merangkum langkah mudah untuk merapikan homescreen dengan meggunakan folder yang bisa dibuat pada setiap smartphone dan sistem operasi.



1. Bagi berdasarkan prioritas dan jenis aplikasi
Sebelum membuat folder, ada dua hal yang harus dipertimbangkan. Aplikasi mana yang diprioritaskan untuk tampil di halaman pertama homescreen, dan kelompokkan jenis aplikasi tersebut berdasarkan jenisnya.

Tidak peduli seluas apa ukuran layar smartphone Anda, tetap saja homescreen memiliki ukuran yang terbatas. Oleh sebab itu, taruh hanya aplikasi yang paling sering Anda gunakan dan sifatnya penting. Misalnya, aplikasi instant messaging, aplikasi foto, atau layanan transportasi online.

Dari pertimbangan tersebut, gunakan juga untuk mengelompokkan aplikasi tersebut ke dalam folder yang akan dibuat berdasarkan jenis aplikasinya. Misalnya aplikasi Go-Jek, Grab, dan Uber adalah aplikasi sejenis.

2. Membuat folder
Untuk membuat folder yang diisi aplikasi, langkahnya cukup mudah. Pada beberapa sistem operasi smartphone dilakukan dengan cara menekan homescreen di bagian yang kosong, hingga muncul pilihan untuk membuat folder.

Namun, langkah ini biasanya hanya ada di smartphone dengan sistem operasi lama. Anda cukup menekan ikon aplikasi yang mau dipindahkan hingga ikon tersebut seperti melekat di jari Anda, dan bisa berpindah posisi mengikuti jari Anda.



Gerakkan jari Anda sambil masih menekan ikon aplikasi tersebut ke arah aplikasi lain yang berdasarkan pertimbangan tadi: prioritas dan sejenis. Ketika jemari Anda terlepas, ikon aplikasi tadi akan menumpuk dengan ikon aplikasi lain yang berada persis di sebelahnya dan membentuk sebuah kotak folder.

3. Berikan nama tiap folder
Apakah semua aplikasi sudah masuk ke tiap folder? Homescreen Anda jadi terasa lebih lega, bukan? Ada satu hal yang mungkin terlupakan yakni memberikan nama untuk setiap folder. Bayangkan saja, seluruh folder tersebut bernama 'new folder 1, new folder 2' dan seterusnya. Pasti kurang menarik.



Caranya, Anda masuk ke dalam folder tersebut dan sentuh bagian nama dari folder tersebut sehingga akan muncul kursor dan keyboard pada layar Anda Langkah ini mungkin sedikit berbeda pada beberapa smartphone tapi pada dasarnya sama, Anda cukup menyetuh nama folder yang ingin diganti hingga muncul kursor dan keyboard di layar Anda.






(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.