Tips & Trik

Anda Bisa Pakai Google Maps Tanpa Internet, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 28 Nov 2017 17:10 WIB
googletips dan trik teknologi
Anda Bisa Pakai Google Maps Tanpa Internet, Caranya?
Fitur menggunakan peta Google Maps secara tanpa koneksi internet bisa dilakukan dengan cara mengunduh terlebih dahulu peta yang dibutuhkan.

Jakarta: Bagi Anda yang terbiasa melakukan perjalanan dan enggan bertanya arah jalan, cenderung mengandalkan Google Maps sebagai panduan. Untuk menggunakan aplikasi ini tentu saja dibutuhkan koneksi internet yang memadai.

Sayangnya, koneksi internet tidak selalu tersedia apalagi jika Anda melakukan perjalanan jauh. Pasti hal ini akan sangat membuat Anda pusing. 

Beruntung bahwa Google sangat memahami penggunanya. Aplikasi Google Maps menyimpan fitur untuk bisa dipergunakan tanpa koneksi internet. Berikut Metrotvnews.com sudah merangkum langkah mudah untuk menggunakan Google Maps tanpa khawatir koneksi internet yang jelek di perjalanan.

1. Buka aplikasi Google Maps dan cari lokasi tujuan
Sebelum Anda melakukan perjalanan, sebaiknya pastikan smartphone masih terhubung dengan internet. Di kesempatan ini, cari terlebih dahulu lokasi tujuan Anda. Pastikan lokasi yang Anda cari sesuai keinginan.



2. Cari menu mode offline
Saat Google Maps sudah menampilkan rute perjalanan dari lokasi Anda menuju lokasi tujuan, Anda harus mencari menu mode offline. Alihkan perhatian ke ikon susunan garis yang ada di sudut kiri bawah tampilan aplikasi.

Anda akan dialihkan ke halaman berisi informasi rute perjalanan, lalu geser halaman tersebut ke bawah hingga Anda menemukan menu bertuliskan 'save offline' dengan ikon unduh. Ketika Anda memilih ikon tersebut maka peta rute perjalanan Anda akan terunduh ke aplikasi Google Maps.



Perlu diketahui bawa konsekuensi menggunakan mode offline adalah Anda tidak bisa mencari informasi rute alternatif atau mengetahui kondisi lalu lintas atau kemacetan rute perjalanan Anda. Meskipun begitu, fitur ini akan sangat membantu di perjalanan untuk berjaga-jaga.

3. Melihat hasil peta yang diunduh
Untuk mengakses peta yang sudah diunduh untuk dipergunakan secara offline Anda harus kembali ke tampilan awal aplikasi Google Maps yakni ketika Anda baru membuka aplikasi tersebut. Klik ikon yang ada di sudut kanan atas tampilan aplikasi.



Nantinya akan muncul kolom berisi beragam menu. Anda akan melihat menu bertuliskan offline maps dengan ikon berupa awan dicoret. Jika memilih menu ini, Anda bisa melihat kumpulan peta yang sudah diunduh dan bisa diakses tanpa koneksi internet.


 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.