Tips & Trik

Anda Bisa Pakai Google Maps Tanpa Internet, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 28 Nov 2017 17:10 WIB
googletips dan trik teknologi
Anda Bisa Pakai Google Maps Tanpa Internet, Caranya?
Fitur menggunakan peta Google Maps secara tanpa koneksi internet bisa dilakukan dengan cara mengunduh terlebih dahulu peta yang dibutuhkan.

Jakarta: Bagi Anda yang terbiasa melakukan perjalanan dan enggan bertanya arah jalan, cenderung mengandalkan Google Maps sebagai panduan. Untuk menggunakan aplikasi ini tentu saja dibutuhkan koneksi internet yang memadai.

Sayangnya, koneksi internet tidak selalu tersedia apalagi jika Anda melakukan perjalanan jauh. Pasti hal ini akan sangat membuat Anda pusing. 

Beruntung bahwa Google sangat memahami penggunanya. Aplikasi Google Maps menyimpan fitur untuk bisa dipergunakan tanpa koneksi internet. Berikut Metrotvnews.com sudah merangkum langkah mudah untuk menggunakan Google Maps tanpa khawatir koneksi internet yang jelek di perjalanan.

1. Buka aplikasi Google Maps dan cari lokasi tujuan
Sebelum Anda melakukan perjalanan, sebaiknya pastikan smartphone masih terhubung dengan internet. Di kesempatan ini, cari terlebih dahulu lokasi tujuan Anda. Pastikan lokasi yang Anda cari sesuai keinginan.



2. Cari menu mode offline
Saat Google Maps sudah menampilkan rute perjalanan dari lokasi Anda menuju lokasi tujuan, Anda harus mencari menu mode offline. Alihkan perhatian ke ikon susunan garis yang ada di sudut kiri bawah tampilan aplikasi.

Anda akan dialihkan ke halaman berisi informasi rute perjalanan, lalu geser halaman tersebut ke bawah hingga Anda menemukan menu bertuliskan 'save offline' dengan ikon unduh. Ketika Anda memilih ikon tersebut maka peta rute perjalanan Anda akan terunduh ke aplikasi Google Maps.



Perlu diketahui bawa konsekuensi menggunakan mode offline adalah Anda tidak bisa mencari informasi rute alternatif atau mengetahui kondisi lalu lintas atau kemacetan rute perjalanan Anda. Meskipun begitu, fitur ini akan sangat membantu di perjalanan untuk berjaga-jaga.

3. Melihat hasil peta yang diunduh
Untuk mengakses peta yang sudah diunduh untuk dipergunakan secara offline Anda harus kembali ke tampilan awal aplikasi Google Maps yakni ketika Anda baru membuka aplikasi tersebut. Klik ikon yang ada di sudut kanan atas tampilan aplikasi.



Nantinya akan muncul kolom berisi beragam menu. Anda akan melihat menu bertuliskan offline maps dengan ikon berupa awan dicoret. Jika memilih menu ini, Anda bisa melihat kumpulan peta yang sudah diunduh dan bisa diakses tanpa koneksi internet.


 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /