Tips & Trik

Laporkan Halaman Facebook Bermasalah atau Hoax, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 18 Sep 2017 16:40 WIB
teknologifacebooktips dan trik teknologi
Laporkan Halaman Facebook Bermasalah atau Hoax, Caranya?
Facebook kian dipenuhi dengan akun atau halaman bermasalah, lebih parahnya lagi hoax, sebetulnya cukup mudah bagi pengguna ikut melaporkan hal tersebut.

Metrotvnews.com, Jakarta: Facebook adalah medial sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia sehingga konten yang beredar di dalamnya sangat banyak. Belum tentu semua konten tersebut sesuai dengan yang kita ingin lihat dan ketahui masalah belakangan banyak sekali akun atau halaman bermasalah hingga yang berisi hoax.

Tentu saja, hal ini membuat kita sebgaai pengguna sosial gerah dan kesal, tidak percaya? Coba tanyakan kepada salah satu rekan Anda yang mulai berhenti memantau isi Facebook-nya dengan alasan hoax. Tentu saja kondisi tersebut bisa kita perbaiki dengan cara ikut melaporkan halaman bermasalah atau akun Facebook yang terindikasi menyebarkan berita palsu.

?Langkahnya cukup mudah. Umumnya Anda akan menemukan halaman bermasalah atau akun yang menyebarkan hoax pada halaman depan linimasa atau timeline, sebab pada halaman tersebut akan tampil unggahan teman-teman Facebook Anda, baik yang dia unggah sendiri atau berasal dari akun Facebook lain yang kemudian dibagikan secara luas.


 

Pada setiap unggahan yang ada pada linimasa biasanya akan terdapat simbol ‘...’. Simbol tersebut ketika diklik akan menampilkan pilihan tindakan yang bisa Anda lakukan terhadap unggahan yang bermasalah atau terindikasi hoax.

 


 

Pilihan tersebut terdiri dari berhenti mengikuti unggahan rekan Anda di Facebook atau unfollow, sembunyikan unggahan tersebut atau hide post. Pada bagian bawah akan terlihat pilihan laporkan atau report post. Ada baiknya jika memang dirasa akun atau halaman tersebut bermasalah dan terindikasi hoax maka sebaiknya Anda memilih melaporkannya. 

Setelah Anda memilih melaporkan unggahan di linimasa Facebook maka akan muncul pilihan terkait alasan Anda melaporkan unggahan akun atau halaman bermasalah tersebut. Pilihlah alasan yang tepat karena di akhir laporan Anda nanti ini akan berpengaruh terhadap penilaian tim pengawas Facebook ketika mengecek laporan yang mereka terima.

 

Disini Anda sudah ikut berpartisipasi aktif mengurangi akun Facebook bermasalah apalagi yang terindikasi menyebarkan hoax dan tenang saja karena identitas pelapor akan disembunyikan oleh pihak Facebook. Biasanya dalam jangka waktu seminggu pada bagian notifikasi Anda akan menerima pesan berisi keputusan Facebook terhadap laporan yang Anda berikan.




(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.