Tips & Trik

Laporkan Halaman Facebook Bermasalah atau Hoax, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 18 Sep 2017 16:40 WIB
teknologifacebooktips dan trik teknologi
Laporkan Halaman Facebook Bermasalah atau Hoax, Caranya?
Facebook kian dipenuhi dengan akun atau halaman bermasalah, lebih parahnya lagi hoax, sebetulnya cukup mudah bagi pengguna ikut melaporkan hal tersebut.

Metrotvnews.com, Jakarta: Facebook adalah medial sosial dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia sehingga konten yang beredar di dalamnya sangat banyak. Belum tentu semua konten tersebut sesuai dengan yang kita ingin lihat dan ketahui masalah belakangan banyak sekali akun atau halaman bermasalah hingga yang berisi hoax.

Tentu saja, hal ini membuat kita sebgaai pengguna sosial gerah dan kesal, tidak percaya? Coba tanyakan kepada salah satu rekan Anda yang mulai berhenti memantau isi Facebook-nya dengan alasan hoax. Tentu saja kondisi tersebut bisa kita perbaiki dengan cara ikut melaporkan halaman bermasalah atau akun Facebook yang terindikasi menyebarkan berita palsu.

?Langkahnya cukup mudah. Umumnya Anda akan menemukan halaman bermasalah atau akun yang menyebarkan hoax pada halaman depan linimasa atau timeline, sebab pada halaman tersebut akan tampil unggahan teman-teman Facebook Anda, baik yang dia unggah sendiri atau berasal dari akun Facebook lain yang kemudian dibagikan secara luas.


 

Pada setiap unggahan yang ada pada linimasa biasanya akan terdapat simbol ‘...’. Simbol tersebut ketika diklik akan menampilkan pilihan tindakan yang bisa Anda lakukan terhadap unggahan yang bermasalah atau terindikasi hoax.

 


 

Pilihan tersebut terdiri dari berhenti mengikuti unggahan rekan Anda di Facebook atau unfollow, sembunyikan unggahan tersebut atau hide post. Pada bagian bawah akan terlihat pilihan laporkan atau report post. Ada baiknya jika memang dirasa akun atau halaman tersebut bermasalah dan terindikasi hoax maka sebaiknya Anda memilih melaporkannya. 

Setelah Anda memilih melaporkan unggahan di linimasa Facebook maka akan muncul pilihan terkait alasan Anda melaporkan unggahan akun atau halaman bermasalah tersebut. Pilihlah alasan yang tepat karena di akhir laporan Anda nanti ini akan berpengaruh terhadap penilaian tim pengawas Facebook ketika mengecek laporan yang mereka terima.

 

Disini Anda sudah ikut berpartisipasi aktif mengurangi akun Facebook bermasalah apalagi yang terindikasi menyebarkan hoax dan tenang saja karena identitas pelapor akan disembunyikan oleh pihak Facebook. Biasanya dalam jangka waktu seminggu pada bagian notifikasi Anda akan menerima pesan berisi keputusan Facebook terhadap laporan yang Anda berikan.




(MMI)

Video /