Tips & Trik

Profil Facebook Kamu Bakal Lebih Keren Pakai Foto 360, Begini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 13 Nov 2017 09:37 WIB
facebooktips dan trik teknologi
Profil Facebook Kamu Bakal Lebih Keren Pakai Foto 360, Begini Caranya
Fitur foto 360 di aplikasi Facebook

Metrotvnews.com, Jakarta: Kamera 360 mampu mengabadikan foto dalam mode 360 derajat. Perekaman foto 360 memungkinkan ruang lingkup foto yang lebih luas, sehingga foto tidak terpaku pada satu objek. 

Bagi Anda yang tidak memiliki kamera 360, jangan sedih dahulu. Layanan media sosial Facebook juga menyediakan fitur kamera 360 derajat yang bahkan jauh lebih mudah menggunakannya. Anda tidak perlu kamera khusus, cukup menggunakan kamera di smartphone Anda.

Dengan 360 derajat, foto profil Anda yang sebelumnya terpaku pada wajah sendiri atau satu objek, kini punya cakupan lebih luas. Pemilik akun atau teman yang mengunjungi halaman profil Anda bakal penasaran dengan apa yang ada di sekitar foto profil 360 Anda. Ini juga memungkinkan Anda memamerkan ekspresi yang muncul dari banyak objek.

Bagaimana caranya? Berikut Metrotvnews.com sudah merangkum langkah mudah untuk menciptakan foto 360 derajat hanya menggunakan smartphone dan aplikasi Facebook.

1. Akses menu unggahan di aplikasi Facebook
Sangat disarankan untuk mengkases Facebook lewat aplikasi ketimbang browser atau peramban internet. Alasannya aplikasi Facebook bisa terintegrasi langsung dengan kamera smartphone sedangkan layanan Facebook lewat peramban tidak bisa terintegrasi dengan fitur yang ada di perangkat smartphone.

Ketika Anda sudah mengakses aplikasi Facebook, pilih kolom yang biasa dipergunakan untuk membuat unggahan atau status di aplikasi tersebut. Posisinya persis di bagian bawah 'stories' yang di pinggirnya ada foto profile Facebook Anda. Nantinya, Anda akan dialihkan ke halaman unggahan.



2. Pilih jenis unggah '360 photo'
Di halaman unggahan, pilih jenis unggahan terlebih dahulu. Caranya dengan menggeser daftar menu jenis unggahan yang ada di bawah ke atas sehingga tampil pilihan jenis unggahan yang lebih banyak lagi.



Geser sampai Anda menemukan jenis unggahan bernama '360 photo'. Fitur ini yang akan dipergunakan tiap kali Anda akan menciptakan foto 360 untuk diunggah. Kemudian pilih menu tersebut sehingga Anda masuk ke mode pengambilan foto 360.



3. Ambil foto 360 searah jarum jam atau sebaliknya
Berbeda dengan hasil perangkat kamera 360 yang mampu menciptakan foto dan video 360 derajat. Fitur Facebook kali ini hanya bisa mendukung pembuatan konten foto 360 dalam mode panorama. 

Ketika sudah masuk dalam mode pengambilan foto, Anda akan melihat panduan pengambilan foto di layar smartphone. Anda akan diminta mengambil foto dengan memposisikan smartphone yang dilambangkan dengan kotak persegi panjang sejajar dengan bidang di tengah lingkaran.

Jika sudah siap, maka tekan tombol biru yang ada di bagian bawah tampilan aplikasi. Usahakan posisi Anda ketika mengambil foto tidak terlalu banyak bergerak, apalagi merekam foto 360 secara maju mundur alias tidak satu arah. Lakukan proses pengambilan foto searah jarum jam atau sebaliknya untuk setiap foto 360.



Ini untuk menghindari hasil foto 360 yang patah atau gagal tersambung membentuk foto panorama 360 secara sempurna. Juga jangan melakukannya terlalu cepat, biasanya Facebook akan memberi tahu Anda untuk berputar secara pelan-pelan.

Apabila sudah kembali ke posisi awal pengambilan foto, aplikasi Facebook dengan sendirinya berhenti dan memproses foto tersebut. Hasilnya akan ditampilkan dalam kolom unggahan untuk bisa Anda cek dan menambahkan teks keterangan atau status.

Apabila hasil foto 360 tersebut menurut Anda kurang bagus atau ada bagian yang patah, batalkan unggahan dan buat kembali dengan memilih jenis unggahan '360 photo' seperti langkah awal.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.