Tips & Trik

Tips Menjaga Privasi Anda di Dunia Maya

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 01 Feb 2017 07:52 WIB
tips & trik
Tips Menjaga Privasi Anda di Dunia Maya
Privasi merupakan hal penting (foto: ireneogrizek.com)

Metrotvnews.com: Ada suatu masa saat orang masih bisa memiliki rahasia. Namun, hal tersebut berakhir ketika teknologi masuk dan segala aspek kehidupan masyarakat modern berubah menjadi online.

Saat ini, berbagai aktivitas sudah dilakukan secara online, dan semuanya itu tercatat serta tersimpan oleh layanan dan perusahaan yang berbeda-beda.

"Mengingat bahwa sebagian besar komunikasi kita saat ini dilakukan secara online, atau setidaknya, melalui perangkat elektronik, tentu saja setiap orang menginginkan data-data pribadi mereka agar tetap terjaga dan terlindungi dan pada saat yang sama tetap berkomunikasi dengan aman secara online. Oleh karena itu, kita semua harus mengetahui cara untuk melindungi data-data berharga ini," ujar Territory Channel Manager Indonesia, Kaspersky Lab SEA, Dony Koesmandarin.

Layanan dan perusahaan tersebut juga memiliki tanggung jawab yang cukup berat untuk menjaga privasi data pelanggan dan stakeholder lainnya.

Sayangnya, privasi belum menjadi hal yang dianggap penting di Indonesia. Ini terlihat dari sedikitnya pengguna di Indonesia yang peduli terhadap kebijakan privasi yang diberlakukan oleh layanan dan perusahaan.



Lalu bagaimana caranya melindungi privasi Anda di dunia maya? Berikut adalah tipsnya:

1. Rutin melakukan pemeriksaan pada pengaturan keamanan akun Facebook serta jejaring sosial lainnya yang Anda gunakan.

2. Sangat penting untuk mengamankan surel (email) utama Anda, terutama yang terhubung ke layanan perbankan dan situs penting lainnya.

3. Berhati-hatilah ketika Anda mengunggah scan dan foto di online, terutama kartu identitas, tiket dan dokumen penagihan.

4. Jangan menggunakan jaringan WiFi terbuka, meski gratis.

5. Hindari password yang tidak dapat diandalkan.

6. Pikirkan juga privasi anak-anak Anda. Cyberbullying bukan lelucon dan sudah banyak anak-anak di seluruh dunia yang menjadi korban dan menderita akibat hal tersebut.

7. Berhati-hatipada setiap iklan produk yang muncul di layar, karena tidak menutup kemungkinan disisipi kode khusus untuk melakukan pelacakan browsing web Anda.

8. Toko online menggunakan data-data Anda untuk menyesuaikan iklan mereka agar sesuai dengan preferensi Anda. Mereka melacak aktivitas online Anda agar hal ini bisa sukses. Anda bisa cegah ini menggunakan metode Private Browsing.

9. Berhati-hatilah ketika memasang software gratis karena biasanya terdapat software lain yang menumpang untuk dipasang. Software tersebut biasanya melacak kebiasaan browsing Anda.


(MMI)

Video /