Tips & Trik

Apa Saja 5 Tips dan Trik Menarik Minggu Ini?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Sabtu, 30 Dec 2017 08:30 WIB
tips dan trik teknologi
Apa Saja 5 Tips dan Trik Menarik Minggu Ini?
Minggu ini, iPhone sedang ramai dibahas akibat pengakuan Apple yang selama ini sengaja membuat seri iPhone terdahulu lebih lelet.

Jakarta: Media sosial masih menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan. Alasannya, kedua aplikasi tersebut memiliki fungsi yang sangat vital yakni sebagai media komunikasi.

Berikut Medcom.id sudah rangkum beberapa tips dan trik minggu ini terkait aplikasi tersebut. Tidak ketinggalan, berita minggu ini tentang Apple yang mengakui telah sengaja membuat iPhone seri terdahulu menjadi lelet.

Anda juga bisa mengetahui apakah iPhone Anda termasuk yang dibuat lelet atau tidak melalui panduan yang dibuat tim Medcom.id minggu ini. Cukup pilih tautan judul tips dan trik di bawah ini untuk menuju halaman tersebut.

1. Buat Akses WhatsApp Lebih Aman
WhatsApp menjadi aplikasi pengirim pesan paling banyak digunakan di dunia. Sebagian pengguna smartphone terbiasa meminjamkan perangkatnya ke teman terdekat, meskipun hanya sebentar hal ini bisa dimanfaatkan teman Anda mengintip isi percakapan WhatsApp Anda.

Medcom.id menemukan cara untuk membuat akses aplikasi WhatsApp Anda tidak bisa dibuka oleh orang lain. Caranya memanfaatkan fitur autentifikasi dua faktor dengan menggunakan kombinasi PIN.

2. Menyembukan Facebook Anda dari Pencarian Google
Pencarian Google bisa digunakan untuk mencari informasi apapun termasuk akun Facebook seseorang. Di satu sisi hal ini memudahkan seseorang untuk mencari akun Facebook orang lain tapi di sisi lain hal ini juga mengkhawatirkan karena mengancam privasi pemilik akun Facebook tersebut.

Kita khawatir akun Facebook dicatut dan digunakan oleh orang tidak bertanggung jawab. Beruntung Facebook memiliki fitur untuk membuat akun Facebook kita tidak bisa dicari di mesin pencarian Google.

3. Teman Facebook Bisa Bantu Kembalikan Password Facebook Anda
Sebagian besar dari Anda mungkin tidak pernah melakukan logout akun Facebook di aplikasi pada ponsel Anda. Saat Anda memiliki ponsel baru dan kembali memasang aplikasi Facebook biasanya banyak dari Anda yang lupa password untuk login ke Facebook Anda.

Ya, artinya Anda lupa dengan password akun Facebook Anda. Facebook sendiri sudah menyiapkan fitur untuk menghindari hal tersebut. Caranya dengan memasukkan beberapa teman Facebook yang Anda percaya ke dalam trusted contacts untuk membantu Facebook memulihkan kembali password Facebook Anda.

4. Mencari Wi-Fi Pakai Aplikasi Facebook
Apakah Anda sedang berada di lokasi yang baru pertama kali Anda kunjungi dan membutuhkan koneksi Wi-Fi? Cukup gunakan aplikasi Facebook untuk mencari Wi-Fi terdekat.

Facebook menyediakan fitur pencarian lokasi atau fasilitas umum yang menyediakan koneksi Wi-Fi. Jadi dari pada Anda masuk ke restoran mahal tanpa mengetahui ketersediaan koneksi Wi-Fi di dalamnya, Anda bisa mengeceknya lewat aplikasi Facebook.

5. Merasa iPhone Lebih Lelet? Ketahui Tandanya
Minggu ini Apple mengakui perusahaannya membuat lelet seri smartphone terdahulu demi menjaga kualitas baterai. Ini dilakukan agar iPhone memiliki usia yang lebih lama hingga beberapa tahun.

Hal ini membuat banyak pengguna iPhone merasa ditipu, meskipun alasan Apple di balik tindakan itu sebetulnya juga tidak terlalu buruk. Medcom.id sudah merangkum 7 tanda yang harus diketahui apakah iPhone Anda termasuk yang sengaja dibuat lelet oleh Apple.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.