Tips & Trik

Update BIOS Motherboard Itu Mudah, Begini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 16 Jan 2019 07:24 WIB
tips dan trik teknologihardware
Update BIOS Motherboard Itu Mudah, Begini Caranya
Motherboard.

Jakarta: Bukan hanya sistem operasi Windows atau aplikasi yang perlu diperbarui. Motherboard yang merupakan fondasi seluruh komponen PC juga harus diperhatikan.

Caranya adalah dengan mengunduh dan memasang update BIOS terbaru yang disediakan oleh produsen ke PC anda. Alasannya agar PC yang digunakan selalu bisa mencicipi teknologi atau fitur terbaru.

Apabila motherboard Anda sudah update, performanya juga mampu ikut meningkat atau bahkan lebih baik. Update BIOS juga membuat motherboard yang merupakan induk dari PC Anda kebal dari berbagai masalah atau serangan siber yang mengancam.

Setiap produsen motherboard selalu menyertakan akses fitur update BIOS dengan mudah. Berikut ini Medcom.id akan memberikan langkah update BIOS yang dilakukan pada motherboard ASUS ROG Maximus XI Extreme.

1. Masuk ke BIOS
Anda perlu mengetahui cara masuk ke BIOS motherboard. Setiap Anda baru menyalakan PC, dalam prosesnya akan muncul loading yang menampilkan logo dari motherboard serta tulisan di bagian bawah yang menjelaskan cara untuk masuk ke halaman BIOS.

Anda akan diminta untuk menekal tombol Del atau F2 selama tampilan tersebut muncul. Apabila tampilan layar sudah masuk ke halaman Windows, ulangi dengan restart PC Anda.



2. Cari menu update BIOS
Antarmuka BIOS motherboard sebetulnya "susah-susah gampang". Namun, kini setiap produsen motherboard membuat tampilan BIOS jauh lebih mudah untuk awam ketimbang beberapa belas tahun lalu.

Pada BIOS ASUS ROG Maximus XI Extreme, kami pertama memilih halaman utama atau Main untuk mengetahui versi BIOS yang sudah terpasang.

Apabila Anda bingung dalam menentukan BIOS terbaru yang harus digunakan, cukup akses situs produsen motheboard, dan pilih bagian support untuk menemukan daftar BIOS dan Firmware yang bisa diunduh.



Setelah memastikan versi BIOS yang digunakan masuk ke halaman Tool untuk menemukan opsi menu bernama ASUS EZ Flash 3 Utility. Apabila Anda bingung yang mana biasanya di bagian bawah atau samping halaman selalu ada informasi keterangan opsi menu yang pointer arahkan.

3. Pilih metode update BIOS
Setiap motherboard terkini biasanya menyediakan dua opsi cara update BIOS, yaitu menggunakan flash drive USB yang dicolok ke motherboard atau langsung otomatis menggunakan koneksi internet.

Apabila memilih menggunakan metode flash drive USB, terlebih dahulu Anda harus mengunduh BIOS terbaru dari situs produsen dan menyimpannya di dalam flash drive USB. Kemudian, flash drive tersebut dipasang ke port USB khusus BIOS di motherboard.



Biasanya di setiap I/O Port motherboard terkini, akan ada port USB yang dituliskan teks BIOS sebagai penanda. Nanti di dalam tampilan BIOS Anda cukup memilih flash drive USB yang berisi file update BIOS.

Bagaimana dengan opsi metode menggunakan koneksi internet atau online? Pada ASUS ROG Maximus XI Extreme, akan diberilan dua opsi lanjutan. Secara otomatis akan mencari sumber update BIOS atau opsi lain dengan langsung mengakses lewat jenis koneksi DHCP dari alamat situs produsen motherboard.



Apabila proses unduh update BIOS berhasil, proses pemasangan akan berlangsung, dengan beberapa kali proses restart PC secara otomatis. Pastikan bahwa selama proses update Anda tidak mematikan PC secara manual untuk menghindari kegagalan.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.