Tips & Trik

Pasang Pelindung Layar di Ponsel Sangat Gampang, Begini Caranya

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 09 Sep 2017 10:46 WIB
tips dan trik teknologi
Pasang Pelindung Layar di Ponsel Sangat Gampang, Begini Caranya
Screen protector sebenarnya bisa dipasang dengan mudah

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian besar perangkat modern saat ini memang selalu dilengkapi dengan layar, baik itu panel LCD hingga LED. Untuk melindungi layar tersebut, biasanya pemilik gadget menggunakan lapisan pelindung khusus yang biasa disebut dengan "screen protector". Namun, memasang pelindung layar memang butuh "teknik khusus". Jika gagal, pelindung justru bisa membuat layar ponsel Anda menjadi tidak sedap dipandang.

Bagaimana cara memasang creen protector dengan baik? Berikut adalah langkah-langkahnya menurut WikiHow:

1. Beli kaca pelindung

Langkah pertama tentu saja Anda harus membeli kaca pelindung. Anda bisa mendapatkannya di toko aksesori ponsel atau melalui berbagai toko online. Ada banyak sekali jenis kaca pelindung di pasar. Pastikan kaca tersebut sesuai dengan jenis gadget yang digunakan.

2. Cari tempat yang bersih dari debu

Debu merupakan salah satu faktor utama yang bakal membuat Anda gagal ketika memasang kaca pelindung. Untuk itu, Anda harus memilih tempat yang bersih, dan pastikan tidak ada angin kencang karena bisa membawa debu.



3. Cuci tangan Anda

Debu di tangan juga bisa menjadi masalah. Sebaiknya cuci tangan sebelum memasang kaca pelindung dan ketingkan dengan handuk bersih.

4. Bersihkan layar

Sebelum memasang pelindung layar, Anda harus membersihkan layar dari debu dan kotoran. Hal ini untuk mencegah hadirnya gelembung udara yang timbul akibat permukaan yang tidak rata akibat adanya debu dan kotoran. Perekat kaca pelindung juga akan menempel lebih baik jika Anda membersihkan debu dan kotoran di layar.

5. Gunakan selotip atau perekat ringan untuk bersihkan sisa debu

Kadag debu dan kotoran masih tersisa ketika Anda membersihkan layar. Cara yang ampuh membersihkannya adalah menggunakan objek yang memiliki perekat ringan seperti selotip atau sticky note.



6. Tempel kaca pelindung

Tempelkan langsung screen protector ke layar gadget Anda. Namun, hati-hati ketika memasangnya dan pastikan sesuai dengan bentuk layarnya.

7. Ada gelembung udara? Tidak perlu khawatir

Keberadaan gelembung udara sangat wajar. Gunakan kain dan tekan gelembung udara tersebut ke ujung layar agar keluar. Jangan membuka pelindung yang telah dipasang karena Anda akan sulit ketika memasangnya kembali.

8. Selamat, kaca pelindung Anda telah terpasang

Jangan lupa untuk selalu membersihkan permukaan layar agar pelindung layar protector tidak mudah rusak.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.