Tips & Trik

Ini Cara Laporkan Grup Facebook Bermuatan SARA

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 01 Sep 2017 15:52 WIB
media sosialfacebooktips dan trik teknologi
Ini Cara Laporkan Grup Facebook Bermuatan SARA
Ada cara mudah untuk melaporkan grup Facebook yang mengandung konten SARA. (MTVN / M. Rizal)

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi memang telah berhasil menangkap 3 pengelola grup Facebook Saracen yang menyebarkan konten SARA (Suku, Ras, Agama dan Antargolongan). Namun, Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari menganggap ini adalah fenomena gunung es. Dengan kata lain, masih banyak grup lain yang keberadaannya masih belum terungkap. 

Apa yang bisa Anda lakukan jika Anda menemukan grup Facebook yang menyebarkan konten SARA?  

Facebook telah menyediakan fitur pelaporan yang bisa digunakan pengguna. Jadi, jika Anda menemukan grup Facebook yang mengunggah konten ilegal, maka Anda bisa segera melaporkannya. Konten ilegal yang dimaksud tidak terbatas pada konten SARA, tapi juga pornografi dan konten yang melanggar hak cipta. 

Melaporkan grup Facebook yang mengunggah konten ilegal cukup mudah. Pertama, Anda cukup masuk ke halaman grup Facebook yang ingin Anda laporkan. Setelah itu, klik tombol dengan ikon tiga titik horizontal yang ada di bawah gambar cover, di sebelah tombol share dan pilih opsi "Report Page". 



Kemudian, Facebook akan meminta Anda untuk memilih alasan mengapa Anda melaporkan grup Facebook tersebut. Untuk konten SARA atau ilegal lainnya, opsi yang bisa Anda pilih adalah "Saya rasa ini seharusnya tidak ada di Facebook".



Setelah itu, Facebook akan meminta Anda untuk memberikan informasi lebih detail terkait alasan mengapa konten yang diunggah grup tersebut tidak pantas untuk muncul di Facebook. Salah satu alasan yang bisa Anda pilih adalah "Ini ujaran kebencian". 



Kemudian, Anda bisa menentukan target dari ujaran kebencian yang dibuat oleh grup yang Anda laporkan. Ada 4 opsi yang disediakan oleh Facebook, yaitu ras/etnis, grup keagamaan, gender atau orientasi seksual dan orang-orang dengan disabilitas atau penyakit. 



Pada akhirnya, Anda bisa memasukkan laporan Anda pada Facebook. Selain itu, Anda juga akan bisa memblokir grup Facebook yang memang mengandung konten ilegal atau menyembunyikan konten dari grup tersebut agar tidak muncul di beranda Anda. 

Anda juga bisa melaporkan grup Facebook melalui aplikasi. Caranya pun tidak jauh berbeda. Pertama, Anda masuk ke halaman grup Facebook yang ingin Anda laporkan. Setelah itu, ketuk ikon tiga titik horizontal di bagian kanan atas, kemudian pilih opsi "Report". Sama seperti jika Anda mengadukan grup Facebook melalui desktop, di sini, Anda akan diminta untuk memilih alasan pelaporan. 




(MMI)

Video /