Tips & Trik

Begini Seharusnya Sirkulasi Udara dalam Casing PC

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 29 Sep 2017 16:43 WIB
tips dan trik teknologi
Begini Seharusnya Sirkulasi Udara dalam Casing PC
Aliran udara di dalam casing harus diperhatikan untuk menjaga performa PC

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda memang tidak bisa meremehkan masalah sirkulasi udara di PC karena berdampak langsung pada performa.

Sirkulasi udara yang baik bakal membuat udara panas yang dihasilkan dari komponen PC tidak terkurung di dalam casing sehingga suhu keseluruhan komponen bisa terjaga dengan baik. Sebaliknya jika sirkulasi udara tidak baik, udara panas akan sulit keluar casing, sehingga suhu komponen mudah meningkat.

Untuk membantu Anda menciptakan sirkulasi udara yang baik di dalam casing PC, berikut beberapa tips dari kami:

1. Pastikan suhu udara masuk lebih rendah dari yang keluar

Sebenarnya ini merupakan aturan dasar yang harus diperhatikan oleh semua pengguna PC. Pastikan udara yang masuk ke dalam casing memiliki suhu ruangan dimana PC ditempatkan dan tidak bertabrakan dengan aliran udara panas yang keluar dari casing.

Beberapa kesalahan yang terjadi di antaranya adalah memasang radiator di depan kipas untuk udara masuk (intake). Udara panas dari radiator seharusnya diarahkan langsung ke luar casing, jangan ke dalam.



2. Utamakan udara keluar daripada masuk

Salah satu aturan paling penting dalam menjaga aliran udara di dalam casing PC adalah memastikan udara yang keluar lebih banyak dari yang masuk. Alasannya, udara panas harus lebih dulu dikeluarkan sebelum udara dingin masuk. Udara panas yang terlalu lama berada di dalam casing akan membuat suhu komponen PC meningkat.

3. Buang dari belakang dan atas, serap dari bawah dan depan

Aturan penting selanjutnya adalah memastikan udara yang masuk berasal dari bawah dan depan casing, sementara udara panas harus dikeluarkan dari belakang dan atas. Alasannya, udara panas sangat buruk jika dikeluarkan dari bawah karena komponen PC ada di atasnya, serta Anda tidak akan betah jika ada udara panas mengalir ke hadapan Anda melalui bagian depan PC.



4. Awas debu

Percuma memiliki casing mewah dengan sirkulasi udara baik jika komponen PC dan kipas yang digunakan berdebu. Perlu diingat, debu merupakan musuh PC Anda dan harus selalu dibersihkan dari setiap komponen di PC secara berkala. Debu dapat membuat kipas tidak berputar dengan kecepatan normal, dapat membuat heatsink sulit menghantarkan panas, serta merusak beberapa komponen yang sensitif.

5. Kualitas kipas sebanding dengan kualitas pendinginan

Memilih kipas untuk casing PC juga tidak boleh sembarangan. Banyak kipas dengan kemampuan dan performa "abal-abal" dijual di pasar saat ini. Untuk itulah kami lebih menyarankan Anda untuk menggunakan kipas dari vendor dan merek terpercaya yang sudah berpengalaman dalam membuat perangkat pendingin PC.


(MMI)

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng
Review Smartphone

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng

2 days Ago

Menjual daya tahan baterai yang awet dengan kebutuhan mobile gaming adalah perpaduan yang pas.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.