Tips & Trik

Menyembunyikan Percakapan di WhatsApp, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 10 Nov 2017 10:23 WIB
tips dan trik teknologiwhatsapptips dan trik whatsapp
Menyembunyikan Percakapan di WhatsApp, Caranya?
Aplikasi WhatsApp adalah layanan pengirim pesan yang paling banyak digunakan di dunia.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagian dari kita pasti merasakan rasa cemas ketika membuka WhatsApp di tempat umum. Alasannya sederhana, kita khawatir ada orang yang mengintip percakapan kita atau daftar kontak percakapan di WhatsApp. 

Kasus lain, misalnya ketika Anda bersama orang dekat seperti teman-teman. Mereka tentu sangat akrab dengan Anda dan tidak cemas ketika menggunakan smartphone di sebelah mereka. Namun, Anda tidak ingin mereka mengintip siapa saja yang melakukan percakapan di WhatsApp.

Beruntung, WhatsApp menyediakan berbagai fitur untuk menyediakan privasi Anda. Salah satunya adalah fitur 'archive chat'. Setiap percakapan dengan daftar kontak Anda bisa dimasukkan ke folder archive chat sehingga tidak tampil di halaman depan aplikasi WhatsApp.

Metrotvnews.com sudah merangkum langkah menyembunyikan chat di archived chat.

1. Pilih percakapan yang ingin disembunyikan
Saat Anda membuka aplikasi WhatsApp, akan tersaji halaman berisi seluruh percakapan yang terjalin dengan kontak Anda. Pilih percakapan yang ingin Anda sembunyikan di 'archive chat', misalnya percakapan dengan pacar atau seseorang yang sedang Anda dekati.



Tekan percakapan dengan kontak tersebut hingga tampilannya di layar berubah menjadi warna abu-abu. Jika sudah dilakukan, Anda akan melihat tampilan aplikasi WhatsApp dibagian atas berubah.

2. Pilih ikon 'archive chat'
Pada bagian atas tampilan WhatsApp akan muncul deretan beberapa ikon. Pilih ikon yang paling kanan berupa sebuah box dengan ikon tanda panah ke arah bawah. Ikon tersebut mewakili fitur 'archive chat'.

Jika Anda memilih ikon tersebut maka percakapan dengan kontak yang Anda pilih nanti akan menghilang serta dibagian bahwa muncul notifikasi bahwa pesan berhasil masuk ke fitur 'archive chat'



3. Mengetahui lokasi 'archive chat'
Anda mungkin bingung, kemana perginya percakapan dengan kontak tadi? Tenang, setiap pesan yang masuk ke 'archive chat' bisa Anda temukan di bagian paling bawah dari daftar percakapan Anda.

Anda harus menggeser daftar percakapan di aplikasi WhatsApp hingga ke paling bawah. Anda akan melihat ada sebuah teks menu bertuliskan 'Archived chats' dilengkapi dengan angka yang mewakili jumlah percakapan yang ada di dalamnya.



Pilih menu tersebut, maka Anda akan dialihkan ke halaman 'archived chat' yang berisi daftar percakapan yang dimasukkan ke fitur 'archive chat'.


 


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.