Tips & Trik

Baca Metrotvnews.com Lebih Mudah dan Cepat di Google, Ini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 29 Sep 2017 22:57 WIB
tips dan trik teknologi
Baca Metrotvnews.com Lebih Mudah dan Cepat di Google, Ini Caranya
Aplikasi Google Play Newsstand merupakan news agregator buatan Google

Metrotvnews.com, Jakarta: Google tidak hanya menjadi mesin pencarian. Ia juga bisa menjadi sumber berita-berita terbaru di sekitar kita maupun dunia. Google menyadari, layanannya mampu menghadirkan informasi terbaru dalam waktu cepat sehingga mereka menyediakan aplikasi Google Play Newsstand.

Google Play Newsstand adalah aplikasi news agregator yang seluruh artikelnya sudah dikurasi oleh Google sendiri bermitra dengan sejumlah media yang kredibilitasnya sudah terjamin sehingga tidak ada berita hoax yang akan ditemukan di sini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi hoax seperti di layanan media sosial.

Pertama, unduh dahulu aplikasi Google Play Newsstand dari Play Store dan pasang aplikasi tersebut. Ketika sudah terpasang, aplikasi ini secara otomatis akan mensinkronisasi akun Google Anda sehingga tidak perlu melakukan login.



Di awal, Anda akan melihat halaman yang terbagi menjadi beberapa kotak dengan keterangan teks beserta foto. Mungkin Anda akan merasa pusing melihat antarmuka. Kolom di bagian atas berfungsi sebagai kolom pencarian topik berita yang bekerja seperti kolom pencarian milik Google yang biasa Anda gunakan.

Untuk melihat daftar artikel berita yang dikumpulkan, Anda cukup sapukan jari ke bawah. Pada setiap artikel berita akan tersedia 3 ikon yang beurutan dari kiri, yaitu ikon untuk menandai berita untuk dibaca nanti, ikon untuk bagikan, dan ikon pengaturan untuk memilih apakah Anda masih ingin menerima artikel berita dari sumber tersebut.

Di bagian paling bawah ada 4 ikon yang berjajar, dimulai dari kiri 'untuk Anda' yang merupakan halaman utama, 'perpustakaan' berisi pilihan kurasi untuk halaman berita yang Anda terima seperti pilihan sumber media dan topik serta berita yang terkumpul dari topik dan sumber yang sudah Anda pilih.

Lalu, di sebelahnya lagi ada 'jelajah' yang berisi kategori topik dan berita yang bisa Anda pilih. Nah terakhir bagian 'baca nanti' berisi artikel berita yang sudah Anda tandai ketika belum sempat dibaca.



Pada halaman 'perpustakaan', Anda bisa menambahkan sumber media yang ingin Anda jadikan referensi artikel berita yang Anda sajikan. Caranya cukup mudah, pertama adalah dengan mencari nama sumber atau media massa yang Anda minati pada kolom pencarian di bagian atas halaman, misalnya Metrotvnews. Apabila sudah ditemukan maka tekan tanda '+' pada nama akun sumber atau media masaa tersebut.

Cara kedua dengan menekan langsung tanda '+" yang muncul di halaman 'perpustakaan'. Nanti halaman aplikasi akan berpindah dengan sendirinya ke halaman 'jelajahi'. Pada bagian ini akan muncul beragam topik atau tema umum yang di dalamnya tersedia topik yang lebih terperinci serta sumber atau media massa yang mengunggah berita tersebut.





Menariknya, dari aplikasi ini di bagian tersebut juga menampilkan pilihan berita dari layanan majalah digital yang bisa dibaca dengan cara membayar harga yang tertera disitu. Google Play Newsstand tidak berbeda seperti rak buku tempat Anda bisa mendapatkan beragam bahan bacaan.


(MMI)

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar
CES 2018

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar

1 day Ago

Lenovo Smart Display menghadirkan layanan asisten digital Google Assistant dalam bentuk layar s…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.