Tips & Trik

Baca Metrotvnews.com Lebih Mudah dan Cepat di Google, Ini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 29 Sep 2017 22:57 WIB
tips dan trik teknologi
Baca Metrotvnews.com Lebih Mudah dan Cepat di Google, Ini Caranya
Aplikasi Google Play Newsstand merupakan news agregator buatan Google

Metrotvnews.com, Jakarta: Google tidak hanya menjadi mesin pencarian. Ia juga bisa menjadi sumber berita-berita terbaru di sekitar kita maupun dunia. Google menyadari, layanannya mampu menghadirkan informasi terbaru dalam waktu cepat sehingga mereka menyediakan aplikasi Google Play Newsstand.

Google Play Newsstand adalah aplikasi news agregator yang seluruh artikelnya sudah dikurasi oleh Google sendiri bermitra dengan sejumlah media yang kredibilitasnya sudah terjamin sehingga tidak ada berita hoax yang akan ditemukan di sini. Jadi, Anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi hoax seperti di layanan media sosial.

Pertama, unduh dahulu aplikasi Google Play Newsstand dari Play Store dan pasang aplikasi tersebut. Ketika sudah terpasang, aplikasi ini secara otomatis akan mensinkronisasi akun Google Anda sehingga tidak perlu melakukan login.



Di awal, Anda akan melihat halaman yang terbagi menjadi beberapa kotak dengan keterangan teks beserta foto. Mungkin Anda akan merasa pusing melihat antarmuka. Kolom di bagian atas berfungsi sebagai kolom pencarian topik berita yang bekerja seperti kolom pencarian milik Google yang biasa Anda gunakan.

Untuk melihat daftar artikel berita yang dikumpulkan, Anda cukup sapukan jari ke bawah. Pada setiap artikel berita akan tersedia 3 ikon yang beurutan dari kiri, yaitu ikon untuk menandai berita untuk dibaca nanti, ikon untuk bagikan, dan ikon pengaturan untuk memilih apakah Anda masih ingin menerima artikel berita dari sumber tersebut.

Di bagian paling bawah ada 4 ikon yang berjajar, dimulai dari kiri 'untuk Anda' yang merupakan halaman utama, 'perpustakaan' berisi pilihan kurasi untuk halaman berita yang Anda terima seperti pilihan sumber media dan topik serta berita yang terkumpul dari topik dan sumber yang sudah Anda pilih.

Lalu, di sebelahnya lagi ada 'jelajah' yang berisi kategori topik dan berita yang bisa Anda pilih. Nah terakhir bagian 'baca nanti' berisi artikel berita yang sudah Anda tandai ketika belum sempat dibaca.



Pada halaman 'perpustakaan', Anda bisa menambahkan sumber media yang ingin Anda jadikan referensi artikel berita yang Anda sajikan. Caranya cukup mudah, pertama adalah dengan mencari nama sumber atau media massa yang Anda minati pada kolom pencarian di bagian atas halaman, misalnya Metrotvnews. Apabila sudah ditemukan maka tekan tanda '+' pada nama akun sumber atau media masaa tersebut.

Cara kedua dengan menekan langsung tanda '+" yang muncul di halaman 'perpustakaan'. Nanti halaman aplikasi akan berpindah dengan sendirinya ke halaman 'jelajahi'. Pada bagian ini akan muncul beragam topik atau tema umum yang di dalamnya tersedia topik yang lebih terperinci serta sumber atau media massa yang mengunggah berita tersebut.





Menariknya, dari aplikasi ini di bagian tersebut juga menampilkan pilihan berita dari layanan majalah digital yang bisa dibaca dengan cara membayar harga yang tertera disitu. Google Play Newsstand tidak berbeda seperti rak buku tempat Anda bisa mendapatkan beragam bahan bacaan.


(MMI)

Video /