Tips & Trik

Cara Kirim Gambar GIF di WhatsApp

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 11 Nov 2016 17:04 WIB
tips dan trik teknologiwhatsapptips & trik
Cara Kirim Gambar GIF di WhatsApp
Inilah cara mengirimkan GIF via WhatsApp. (AFP PHOTO / YASUYOSHI CHIBA)

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa hari lalu, WhatsApp menyediakan fitur baru untuk pengguna iOS berupa fitur untuk mengirimkan GIF. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengirimkan GIF. Inilah cara-cara tersebut, seperti yang dirangkum dari The Telegraph.

1. Mengirim video sebagai GIF
Anda bisa mengirimkan video sebagai GIF selama durasi video tersebut tidak lebih dari 6 detik. Untuk mengirimkan video sebagai GIF, Anda cukup pilih sebuah video dengan menekan tombol Plus dan pilih Photo & Video Library kemudian pilih video yang ingin Anda inginkan.

?Gambar: The Telegraph

Pada bagian kanan atas layar, Anda akan melihat opsi untuk mengirimkannya sebagai video atau GIF. Jika Anda memilih GIF, maka Anda akan dapat memotong durasi video.

2. Mengirimkan Live Photo sebagai GIF
WhatsApp juga memungkinkan Live Photos pada iOS untuk dikirim sebagai GIF. Namun, fitur ini hanya bisa bekerja jika Anda menggunakan ponsel yang sudah mendukung 3D Touch. 

Sama seperti sebelumnya, masuk ke menu untuk mengirimkan foto dan pilih foto yang hendak Anda kirim. Setelah itu, gunakan 3D Touch pada Live Photo sehingga muncul pop up dan pilih "Select as GIF".

Gambar: The Telegraph

Live Photos sudah ada pada iPhone 6s, iPhone 7 dan pada varian Plus dari kedua smartphone tersebut. Live Photos juga sudah dapat digunakan di iPhone SE. Namun, iPhone SE tidak dilengkapi dengan 3D Touch. Jadi, pengguna iPhone SE tidak akan bisa mengirimkan Live Photo sebagai GIF.

3. Copy-Paste dari internet
Anda tidak bisa menyimpan GIF di iOS dan mengirimkannya lewat WhatsApp. Namun, Anda bisa melakukan copy-paste.

Jika Anda menemukan GIF yang Anda suka di internet, Anda bisa menyalinnya dengan menekan animasi itu selama beberapa waktu dan memilih "Copy". Setelah itu, Anda cukup melakukan paste pada kolom teks WhatsApp dan GIF tersebut akan muncul secara otomatis.

4. Gunakan keyboard GIF
Jika Anda sering menggunakan GIF, Anda bisa mengunduh keyboard yang mendukung GIF seperti Giphy, iGIF atau Gboard. Setelah mengunduhnya, Anda bisa mengikuti instruksi penggunaan. Setelah itu, buka keyboard tersebut pada window chat WhatsApp dan Anda dapat melakukan copy-paste untuk mengirim GIF.

Gambar: The Telegraph

Android dan WhatsApp Web
Sayangnya, saat ini, fitur GIF belum tersedia untuk WhatsApp Android, meski kemungkinan, WhatsApp akan meluncurkan fitur ini dalam waktu dekat. Namun, pengguna WhatsApp Web sudah dapat melihat GIF yang dikirim.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /