Tips & Trik

Bagaimana 'Tiang Listrik Setya Novanto' Bisa Muncul di Google Maps?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 22 Nov 2017 15:12 WIB
googletips dan trik teknologisetya novanto
Bagaimana 'Tiang Listrik Setya Novanto' Bisa Muncul di Google Maps?
Layanan navigasi dan peta di aplikasi Google Maps.

Jakarta: Warganet di Indonesia heboh dengan kehadiran titik lokasi dari 'tiang listrik Setya Novanto' di aplikasi layanan Google Maps. Bagaimana bisa? 

Warganet di Indonesia terbilang sudah sangat cerdas membuat guyonan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Sebetulnya, tidak sulit untuk membuat titik lokasi di aplikasi Google Map seperti lokasi 'tiang listrik Setya Novanto'. Ini biasanya membutuhkan validasi dari layanan Google sendiri.



Pihak Google tentu mengetahui ketika ada pengguna layanannya yang mengajukan pembuatan titik lokasi 'tiang listrik setya novanto' untuk bisa ditemukan oleh seluruh pengguna layanan Google Maps.

Cara pembuatan titik lokasi tersebut serupa dengan fitur yang digunakan oleh pengusaha agar lokasi bisnisnya bisa muncul di Google Map dan ditemukan dengan mudah oleh pengguna lainnya. 

Berikut Metrotvnews.com merangkum langkah yang digunakan warganet untuk membuat 'tiang listrik Setya Novanto' muncul di Google Maps. Perlu diingat, cara ini akan sangat berguna ketika Anda ingin mengembangkan bisnis. 

1. Buka aplikasi Google Maps
Apabila Anda ingin melakukan langkah ini lewat gadget maka sangat disarankan Anda sudah mengunduh aplikasi Google Maps, biasanya aplikasi ini sudah terpasang langsung di gadget berbasis Android. Anda juga bisa melakukannya lewat PC dan laptop dengan membuka situs layanan Google Maps.



Saat Anda sudah membuka aplikasi Google Map, pilih ikon 3 garis horizontal yang tersusun secara vertikal, lokasinya ada di sudut kiri atas tampilan Google Maps. Ikon ini akan menambilkan beragam pilihan menu, geser ke bawah untuk mencari pilihan menu bernama 'add a missing place'.



2. Isi informasi titik lokasi
Pada tampilan menu 'add a missing place', Anda akan diminta mengisi informasi lengkap tentang titik lokasi yang Anda buat. Mulai dari kategori lokasi tersebut, alamat berupa nama jalan dan lokasi persis di peta, waktu operasi, kontak termasuk alamat website jika ada, dan foto dari lokasi atau bangunan tersebut.

Pada kasus 'tiang listrik setya novanto' informasi yang ditampilkan hanya lokasi tiang listrik, kategori lokasi dituliskan sebagai fasilitas studio dan fotonya dilengkapi oleh foto tiang listrik tersebut.




Bagi Anda yang menggunakan fitur ini untuk menampilkan bisnis sehingga bisa ditemukan oleh pengguna dan calon pelanggan, sebaiknya Anda mengisi kolom informasi dengan rinci.

3. Pengecekan
Apabila Google menemukan lokasi dengan nama serupa, biasanya ketika Anda sudah mengakhiri proses pengisian kolom informasi, Google akan menampilkan beberapa daftar lokasi atau bangunan yang serupa.

Acuhkan saja informasi tersebut jika memang Anda merasa tidak perlu mengubah informasi yang ingin diajukan. Kebijakan Google menyebutkan bahwa ketika informasi atau pengajuan sudah disetujui dan dicek oleh Google, maka Anda akan menerima email berisi pemberitahuan.



Jika Anda benar-benar serius ingin menggunakan fitur ini untuk bisnis, sangat disarankan Anda menggunakan layanan Google Bisnisku (Google My Business) yang memiliki fitur jauh lebih lengkap.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.