Tips & Trik

Perbedaan Pages, Groups dan Profiles di Facebook

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 09 Oct 2017 17:21 WIB
facebooktips dan trik teknologi
Perbedaan Pages, Groups dan Profiles di Facebook
Berikut perbedaan fungsi Profile, Page dan Group di Facebook.

Metrotvnews.com, Jakarta: Facebook masih menjadi salah media sosial yang banyak digunakan. Menyadari hal tersebut, Facebook menghadirkan sejumlah fungsi yang memanjakan penggunanya.

Fungsi tersebut termasuk Pages, Groups dan Profile, membantu pangguna untuk tetap terhubung dengan rekan dan keluarga. Namun, fungsi tersebut memiliki tujuannya masing-masing dan berfungsi untuk tipe konten berbeda. Sebenarnya, apa saja kegunaan dari ketiga fungsi tersebut?

1. Profile
Pofile Facebook ditujukan untuk mewakili individu dan untuk penggunaan non-kommersil. Profile umumnya berisi foto dan tulisan pengalaman, dan menjadi rangkuman dari kisah pemilik. Pada Profile, Anda dapat melakukan personalisasi dengan mengunggah foto profil, foto cover.



Selain itu, Anda juga dapat menambahkan informasi personal, seperti kota asal, ulang tahun, status hubungan dan riwayat pekerjaan, serta dapat mengunggah status, acara hidup, dan dapat mengendalikan informasi yang dibagikan ke halaman Profil.

Anda juga menambah dan mengirim pesan kepada teman, memilih untuk melihat status teman di News Feed dan informasi update personal. Profile juga dilengkapi dengan pilihan untuk memungkinkan konten dapat dilihat hanya oleh teman, atau oleh semua orang yang bukan teman.

2. Page
Fungsi Page ditujukan Facebook sebagai Timeline untuk organisasi, bisnis, merek dan figur publik. Serupa dengan Profil, pemilik Page dapat mengunggah cerita, menambahkan foto cover, acara yang diselenggarakan dan sebagainya.



Jika Anda menyukai Page tersebut, Anda akan dapat melihat update Page di News Feeds. Sementara itu, pengguna yang menciptakan Facebook Page, tetapi perwakilan resmi dapat menciptakan dan mengelola Page untuk organisasi, bisnis, merek atau figur publik.

Untuk menciptakan Page, Anda perlu memiliki Profile Facebook. Pemilik Profile dapat mengelola sejumlah Pages, dan kreator Page dapat memberikan izin kepada pemilik Profile lain untuk menjadi administrator guna membantu mengelola Page.

3. Group
Group di media sosial Facebook serupa forum diskusi, memungkinkan sejumlah pengguna secara spesifik untuk berbagi foto, tautan, update dan sebagainya. Group menjadi medium yang baik untuk menghubungkan keluarga, rekan, rekan kerja, atau orang lain dengan minat yang sama.



Anggota dapat bertanya dan menjawab pertanyaan, mengunggah konten terkait acara atau lowongan pekerjaan dan mengikuti percakapan terkait topik yang sesuai dengan minat. Selain itu, Group juga memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan secara massal langsung ke inbox anggota.


(MMI)

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar
CES 2018

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar

1 day Ago

Lenovo Smart Display menghadirkan layanan asisten digital Google Assistant dalam bentuk layar s…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.