Tips & Trik

Sering Menatap Layar Komputer? Coba Lakukan Hal Ini

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 19 Feb 2017 16:16 WIB
tips dan trik teknologi
Sering Menatap Layar Komputer? Coba Lakukan Hal Ini
Ilustrasi. (TechnoFAQ)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mata menjadi tegang karena terlalu lama melihat komputer adalah masalah yang sering dihadapi oleh orang-orang yang bekerja dengan komputer. Computer Vision Syndrome memiliki gejala seperti pandangan kabur, sakit kepala, mata kering, mata berair dan mata lelah.

Untuk sebagian orang, gejala tersebut hanya bersifat sementara. Begitu Anda berhenti menggunakan komputer, ia akan hilang dengan sendirinya. Kabar buruknya, seperti yang disebutkan oleh The Verge, gejala ini bisa muncul jika Anda melihat komputer selama 2 jam. Sementara banyak orang yang berada di hadapan komputer dalam waktu lebih lama dari itu.

Menatap komputer dapat membuat mata lelah lebih cepat dari membaca di kertas karena ia membuat kita lebih jarang berkedip. Menurut University of Iowa, menatap komputer menurunkan frekuensi berkedip seseorang sampai sepertiga.

Selain itu, America Optometric Association menyebutkan, karakter yang tampil pada layar tidak ditampilkan sejelas pada kertas. 

Hal-hal inilah yang membuat mata harus bekerja keras, membuatnya lelah. Melihat layar dengan sudut yang tidak ideal juga meningkatkan rasa tidak nyaman itu. Idealnya, Anda harus melihat monitor ke bawah -- sekitar 15-25 derajat -- dan ia harus diletakkan sekitar 50-70 cm dari mata Anda.

Mengistirahatkan mata juga akan membantu mata Anda. Setelah menatap komputer selama 20 menit, sebaiknya Anda menatap sesuatu berjarak 20 kaki (6 m) selama 20 detik. Setelah bekerja di depan komputer selama 2 jam, istirahatkan mata Anda selama 15 menit.

Menggunakan kacamata khusus komputer juga dapat membantu mengurangi kecerahan layar dan meningkatkan kontras. Dengan begitu, mata tidak harus bekerja terlalu keras. Umur juga berpengaruh pada kondisi mata, karena mata seseorang menjadi semakin kurang fleksibel dengan bertambahnya umur.

Para pengguna lensa kontak mungkin akan mengalami mata kering dan pandangan buram, karena ketika menggunakan lensa kontak, seseorang lebih jarang berkedip. Sesekali, Anda bisa mengganti lensa kontak dengan kacamata. Menggunakan obat tetes mata agar mata tidak kering juga membantu.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.