Tips & Trik

Cara Bersihkan Berita Palsu di Media Sosial dan Google

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 04 Dec 2016 15:13 WIB
tips dan trik teknologi
Cara Bersihkan Berita Palsu di Media Sosial dan Google
Ilustrasi. (Huffington Post)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meski terkesan sepele, masalah berita palsu sebenarnya adalah masalah penting. Berita palsu yang tersebar di Google dan Facebook bahkan disebutkan memengaruhi pemilu presiden di Amerika Serikat. Jerman, yang akan mengadakan pemiliha kanselir tahun depan, juga khawatir berita palsu akan memengaruhi pemilu mereka.

Facebook dan Google pun mengakui bahaya dari berita palsu. Google telah membuat peraturan yang melarang situs berita palsu untuk mendapatkan iklan sementara CEO Facebook Mark Zuckerberg telah menjelaskan beberapa langkah yang mereka ambil untuk mencegah penyebaran berita palsu.

Inilah cara melaporkan berita palsu di media sosial seperti Facebook dan Twitter dan Google.

Facebook
Terkait berita palsu, salah satu cara yang Facebook andalkan adalah laporan dari pengguna. Karena itu, jika Anda melihat berita palsu di media sosial tersebut, sebaiknya Anda melaporkannya ke Facebook. Inilah cara untuk melaporkan berita palsu.

Saat menemukan berita palsu di Facebook, Anda bisa melaporkannya dengan memilih lambang panah terbalik di sebelah kanan post dan pilih "laporkan kiriman" atau "report post". Setelah itu, Facebook akan bertanya alasan Anda untuk memblokir post tersebut. Pilih "Menurut saya ini tidah seharusnya ada di Facebook". 



Sekali lagi, Facebook akan meminta Anda untuk memberikan alasan yang lebih detail. Dalam masalah berita palsu, Anda bisa memilih opsi "Ini adalah kabar berita salah".

Tidak cukup sampai di situ, Facebook juga menawarkan untuk memblokir situs yang menyebarkan berita salah, menyembunyikan semua post yang mereka buat, membatalkan status Like Anda atau menawarkan mengirim pesan pada situs yang bersangkutan.

Google
Di Google, Anda juga bisa menemukan berita salah. Untuk melaporkannya, Anda bisa melihat bagian paling bawah dari hasil pencarian dan pilih "Send Feedback". Anda akan melihat halaman tempat untuk mengetikkan protes atau masukan untuk Google.

Misalnya dengan menjelaskan bahwa salah satu situs pada hasil pencarian adalah berita palsu. Anda juga bisa melengkapi laporan ini dengan screenshot.



Twitter

Di Twitter, Anda bisa melaporkan tweet berita palsu dengan memilih ikon tiga titik dan pilih opsi "Report tweet". Sama seperti Facebook, Twitter akan menanyakan alasan Anda untuk melaporkan tweet tersebut. Sayangnya, tidak ada opsi berita palsu. Sebagai gantinya, Anda bisa memilih opsi spam atau "saya tidak tertarik".




(MMI)

Corsair K63, Keyboard Mekanis Murah Bukan Murahan
Review Keyboard

Corsair K63, Keyboard Mekanis Murah Bukan Murahan

6 days Ago

Corsair K63 merupakan salah satu keyboard gaming paling menarik di tahun ini. 

BERITA LAINNYA
Video /