Tips & Trik

Cara Singkat Atur Privasi Facebook

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 12 Nov 2017 17:17 WIB
facebooktips dan trik teknologi
Cara Singkat Atur Privasi Facebook
Sebagai layanan media sosial Facebook juga menyadari pentingnya mengatur privasi informasi yang dimiliki penggunanya.

Metrotvnews.com, Jakarta: Media sosial adalah aplikasi yang paling sering digunakan saat ini. Karena terlalu sering, kini informasi seseorang bisa digali dari akun media sosial. Oleh sebab itu sangat penting untuk menjaga privasi informasi yang ada di media sosial.

Facebook, misalnya, sebagai aplikasi media sosial terpopuler tentu menampilkan banyak data pribadi. Informasi tersebut mungkin masih aman jika hanya dilihat oleh teman di Facebook. Permasalahannya, semua orang yang belum berteman juga bisa melihat halamaan profil Facebook kita.

Oleh sebab itu, Facebook menyediakan fitur untuk mengatur privasi informasi maupun aktivitas penggunanya. Namun, dengan begitu banyaknya fitur yang berisi informasi penggunanya tentu sangat repot apabila harus mengeceknya satu per satu. 

Facebook sudah menyiapkan fitur privacy checkup yang berisi 3 langkah sederhana untuk mengatur privas. Berikut langkah menggunakannya yang sudah dirangkum oleh Metrotvnews.com.

1. Masuk ke menu 'Pengaturan' aplikasi Facebook
Ketika Anda membuka aplikasi Facebook, akan disajikan halaman newsfeed atau linimasa. Untuk masuk ke pengaturan aplikasi Facebook, Anda cukup memilih ikon paling kanan yang ada di deretan bagian atas aplikasi Facebook.



2.  Cari fitur "Privacy Shortcut'
Apabila Anda sudah ada di halaman 'Pengaturan' maka kini Anda harus mencari sebuah menu bernama 'Privacy Shortcut'. Pada menu tersebut nantinya akan tersedia beragam pengaturan privasi fitur-fitur di Facebook. Untuk menemukannya Anda cukup menggeser ke bawah halaman 'Pengaturan' hingga menemukan menu tersebut.



3. Pilih 'Privacy Check-up'
Anda akan disajikan beberapa menu lain dan bantuan untuk pengaturan privasi, namun langkah ini akan memakan waktu lebih banyak karena pengaturan privasi yang diberikan sangat detil.

Apabila Anda ingin pengaturan privasi yang lebih mudah dan cepat, Anda bisa memilih menu paling atas bertuliskan 'Privacy Checkup. Fitur ini akan menyediakan 3 langkah yang berisi pintasan atau akses cepat untuk mengatur privasi dari akun Facebook penggunanya.



4. Mengatur privasi setiap informasi yang ada di akun Facebook
Ketika Anda memilih 'Privacy Checkup' Facebook akan memberikan 3 langkah pengaturan privasi untuk Anda. Pertama adalah pengaturan privasi unggahan Anda di Facebook.

Anda diberikan pilihan siapa saja yang bisa melihan unggahan Anda, apakah seluruh pengguna Facebook, teman Anda, atau teman Anda dengan pengecualian beberapa orang.



Lalu di langkah kedua akan berisi pengaturan serupa, tetapi ini berlaku untuk informasi yang ada di biodata pada halaman profil akun Facebook Anda. Misalnya siapa saja yang bisa melihat tanggal lahir, alamat tempat tinggal, pekerjaan, kampus, dan lain-lain.



Pada langkah terakhir Facebook akan menampilkan aplikasi pihak ketiga atau aplikasi yang selama ini tersambung dengan akun Facebook Anda, misalnya untuk login atau membagikan unggahan Anda di media sosial lainnya.

Anda bisa memilih aplikasi yang Anda ingin hapus sambungannya ke akun Facebook Anda, dan mengatur siapa saja yang bisa melihat unggahan yang berhubungan dengan aplikasi tersebut.




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.