Tips & Trik

Berlangganan Kanal Video YouTube Kesukaan, Ini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 08 Oct 2017 22:47 WIB
youtubegoogletips dan trik teknologi
Berlangganan Kanal Video YouTube Kesukaan, Ini Caranya
Menikmati YouTube di smartphone

Metrotvnews.com, Jakarta: YouTube adalah aplikasi kanal video yang paling diandalkan ketika kita membutuhkan hiburan di smartphone. Jika Anda termasuk pengguna setia YouTube, biasanya Anda sudah memiliki video atau kanal video favorit yang selalu dinantikan setiap saat.

Sayangnya, di tengah kesibukan kita kadang membuat kita melewatkan video terbaru dari kanal YouTube yang kita sukai. Sebetulnya, YouTube sendiri sudah menyiapkan fitur bernama ‘subscribe’ alias berlangganan sehingga kita tidak melewatkan setiap video terbaru dari kanal favorit kita.

Berlangganan di sini tentu saja gratis, YouTube akan mengirimkan notifikasi jika kanal YouTube favorit Anda mengunggah video terbaru mereka. Metrotvnews.com sudah membuatkan panduan ringkas untuk Anda yang ingin berlangganan kabar dari kanal YouTube kesukaan Anda.

1.Buka aplikasi YouTube dan kanal atau video yang disuka
Apabila Anda lupa atau masih bingung kanal YouTube yang mau dilanggan maka tidak perlu repot. Anda cukup melihat daftar video yang disuguhkan di halaman depan YouTube atau mencari nama video tersebut di kolom pencarian pada bagian atas halaman YouTube.

2.Pilih tulisan ‘subscribe’ berwarna merah
Pada halaman kanal YouTube atau video yang sedang Anda putar biasanya akan tertera sebuah tulisan ‘subescribe’ berwarna merah. Klik tulisan tersebut untuk berlangganan kabar dari video terbaru kanal tersebut.

Jika sudah, biasanya tulisan tersebut berubah warna menjadi abu-abu dan bertuliskan ‘subscribed’ berarti Anda akan mendapatkan informasi terbaru terkait video yang diunggah oleh kanal tersebut.



3.Mengatur notifikasi yang diterima
YouTube akan memberikan notifikasi terkait kanal YouTube yang Anda langgan dan bentuknya ada dua macam: push notification yang muncul pada smartphone Anda, dan email yang dikirimkan ke akun Gmail Anda.

Untuk mengatur pilihan jenis notifikasi, Anda harus kembali ke halaman awal aplikasi YouTube lalu pilih ikon bergambar foto profil Anda di pojok kanan atas layar.

Jika sudah maka pilih ‘setting’ atau setelan yang akan dialihkan ke halaman menu berisi pengaturan notifikasi. Pada pengaturan notifikasi, Anda akan diberikan menu ‘subscription’ yang berisi dua jenis notifikasi yang akan diterima.




4.Pilih halaman ‘subscription’ untuk kanal yang dilanggan
Jika pengaturan notifikasi sudah selesai dan telah berlangganan kanal-kanal YouTube yang Anda suka maka setiap Anda membuka aplikasi YouTube cukup pilih ikon ‘Subscription’ yang ada pada bagian bawah halaman awal aplikasi YouTube.

Nanti, setiap kanal yang Anda langgan akan muncul sebagai ikon di bagian atas dan ditandai dengan titik berwarna biru yang berarti ada video baru yang belum Anda lihat. Untuk unggahan video terbaru dari semua kanal yang Anda langgan akan muncul di halaman awal ‘Subscription’ tadi.



 


(MMI)

Video /