Tips & Trik

Matikan Touch ID dengan Cara Ini

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 05 Sep 2017 19:09 WIB
appletips dan trik teknologi
Matikan Touch ID dengan Cara Ini
Berikut sejumlah cara untuk menonaktifkan Touch ID di iPhone atau iPad.

Metrotvnews.com, Jakarta: Touch ID menjadi salah satu fitur unggulan yang dihadirkan Apple pada sistem operasi versi mobile karyanya. Fitur ini tidak hanya berguna untuk membuka kunci ponsel, juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dan mengotentifikasi pembelian di App Store.

Pada sistem operasi mobile Apple versi terbaru, yaitu iOS 11, Touch ID juga akan memberikan izin kepada komputer untuk terhubung ke perangkat. Touch ID menjadi salah satu fitur yang dinilai sebagian pengguna menyenangkan dan menghadirkan kemudahaan terkait penggunaan, akibat tidak lagi memerlukan password yang berpeluang untuk diintip atau dicuri.

Sayangnya, tidak semua pengguna iPhone atau iPad berpendapat sama, dan justru menilai fitur Touch ID ini mengganggu kenyamanan mereka saat menggunakan ponsel. Jika Anda termasuk dalam kelompok pengguna pada kategori ini, berikut kami suguhkan cara untuk menonaktifkan fitur ini.

Untuk menonaktifkan fitur ini dari lockscreen, Anda perlu menekan tombol Sleep/Wake/Power pada iPhone atau iPad sebanyak lima kali dengan cepat. Tindakan ini akan memunculkan tampilan layar yang menawarkan opsi untuk menonaktifkan perangkat, menampilkan informasi identitas kesehatan atau menelepon nomor darurat.

Pada saat tersebut, iOS secara temporer menonaktifkan Touch ID hingga Anda memasukan kode sandi untuk membuka perangkat. Kemudian, coba letakan jari dengan sidik yang telah terdaftar pada sensor hingga pesan peringatan bertulis "Touch ID does not recognize your fingerprint" dan "Your passcode is required to enable Touch ID" muncul.



Kemudian tekan Cancel yang terdapat di bagian bawah untuk menutup layar tersebut, dan akan membawa Anda kembali ke Lock screen dengan Touch ID dalam kondisi nonaktif. Untuk kembali mengaktifkan Touch ID dan kembali ke Home screen, Anda perlu memasukan kode sandi valid pada Lock screen.

Anda juga dapat melakukan restart perangkat, secara otomatis akan menampilkan jendela yang meminta Anda untuk memasukan passcode sebelum Touch ID dapat digunakan setiap kali perangkat dinonaktifkan atau setiap Anda melakukan restart. Selain itu, perangkat juga akan meminta Anda untuk memasukan kode sandi untuk mengaktifkan Touch ID jika kunci perangkat tidak dibuka selama lebih dari 48 jam.



Cara lain untuk mencegah Touch ID digunakan untuk membuka kunci perangkat dengan menggeser tombol Unlock pada iPhone atau iPad di bagian bawa Use Touch ID For, kemudian akses Setting > Touch ID & Passcode dan posisikan tuas yang terletak di sebelah kalimat OFF.

Menggunakan aplikasi Apple Find My iPhone versi iOS atau versi situs untuk iCloud untuk mengirimkan perintah kunci ke perangkat juga akan dapat membantu Anda dalam menonaktifkan Touch ID sementara waktu, namun Find My iPhone di menu Setting harus dalam keadaan aktif.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.