Tips & Trik

Jangan Asal Beli Smartwatch, Ini Tipsnya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 01 Oct 2017 17:08 WIB
tips dan trik teknologi
Jangan Asal Beli Smartwatch, Ini Tipsnya
Smartwatch adalah wareable yang cukup populer

Metrotvnews.com, Jakarta: Jam tangan pintar atau smartwatch sedikit berbeda dengan smartphone, sebab perangkat tersebut digolongkan sebagai wareable atau perangkat teknologi yang bisa dikenakan di badan.

Bagi sebagian orang, menggunakan jam tangan pintar terdengar repot karena butuh diisi kembali dayanya, sementara mereka sudah punya smartphone dan laptop yang berebut untuk diisi juga baterainya. Jam tangan pintar memiliki kemampuan yang beberapa tahun ke depan akan menjadi salah satu perangkat tekonologi canggih, bahkan lebih canggih dari smartphone.

Bagi Anda yang berniat membeli jam tangan pintar atau smartwatch, sebaiknya membaca dahulu ulasan tips dan trik yang diberikan oleh Metrotvnews.com.

1. Pastikan kompatibel
Jangan pernah tergiur jam tangan pintar hanya dari desain dan fitur yang dipamerkan. Sebelum membeli pastikan dahulu bahwa jam tangan pintar itu komptaibel dengan smartphone Anda.

Smartwatch masih bekerja sebagai gadget pendamping, sehingga dibutuhkan smartphone untuk mengendalikan fungsinya yang sangat banyak. Lihat juga sistem operasi yang digunakan, jika masih menggunakan sistem operasi lama, smartwatch tersebut tidak ada bedanya dengan jam tangan lawas.

2. Desain
Desain itu penting. Bukan cuma untuk gaya, tetapi kenyamanan ketika menggunakannya. Ada yang berbentuk lingkaran, ada juga yang persegi. Hal yang harus lebih diperhatikan adalah cara menggunakannya. Apakah jam tangan pintar tersebut menggunakan layar sentuh atau tombol yang ditekan atau diputar.

3. Layar
Cek terlebih dahulu ukuran dan bentuk layar dari jam tangan pintar tersebut, apakah cocok di tangan atau selera Anda dan nyaman saat dipergunakan untuk mengakses fitur di dalamnya. Beberapa layar jam tangan pintar juga dilengkapi teknologi tertentu, misalnya layar sentuh. Resolusi dan warna yang bagus biasanya memiliki konsumsi baterai yang lebih boros. 

4. Fungsi utama
Jam tangan pintar memiliki karakteritik berbeda-beda, tergantung fungsi utamanya. Ada yang yang ditujukan untuk kegiatan olahraga atau kesehatan, berbeda lagi yang ditujukan untuk olahraga ekstrem. Perbedaan tersebut akan berpengaruh terhadap fitur dan kemampuan perangkat. Tentu saja, ini juga berpengaruh terhadap harganya. Semakin banyak fitur dan fungsi yang dibawa, maka harganya akan semakin mahal.

5. Daya tahan
Daya tahan yang dimaksud ada dua: baterai dan perangkat. Sebisa mungkin cari smartwatch dengan kapasitas baterai yang besar dan konsumsi baterai yang diklaim irit, sehingga mampu bertahan paling tidak lebih dari sehari penuh dengan seluruh fitur dalam kondisi aktif.

Kemudian, ketahanan perangkat sangat penting karena smartwatch Anda tidak berbeda dengan smartphone, selalu dipergunakan setiap saat. Pilih smartwatch dengan material yang memiliki daya tahan terhadap air dan debu.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.