Tips & Trik

Cara Matikan Audio di Peramban Internet

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 17 Sep 2017 15:38 WIB
tips dan trik teknologi
Cara Matikan Audio di Peramban Internet
Ada cara untuk mematikan suara untuk pada semua peramban. (ZDNet)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ada sebagian situs yang langsung memutar audio atau video begitu Anda membukanya. Jika Anda sering membuka situs yang memiliki video autoplay yang menganggu, maka Anda bisa mencoba cara di bawah ini untuk menyelesaikan masalah itu. 

Chrome
Menurut Make Use Of, ekstensi Silent Site Sound Blocker akan memberikan Anda kendali penuh terkait konten audio yang diputar pada peramban Chrome Anda. Setelah Anda mengunduh ekstensi ini, semua tab Chrome akan secara otomatis tidak akan mengeluarkan suara. Untuk membuka menu dari ekstensi ini, Anda cukup mengklik kanan pada tombol ekstrensi .



Dalam menu ini, Anda bisa menentukan situs apa saja yang Anda izinkan untuk memutar audio/video serta situs-situs yang tidak boleh memutar video/audio sama sekali. Ada 4 opsi dalam menu ini: Always allow (situs mendapatkan izin untuk otomatis memutar konten seterusnya), allow once (situs bisa memutar audio/video tapi hanya sekali), reject once (situs dilarang memutar video/audio satu kali) dan never allow (situs dilarang memutar video/audio seterusnya). 

Firefox
Jika Anda menggunakan Firefox, Anda bisa menggunakan Mute Sites by Default, yang fungsinya memang tidak sekaya ekstensi Chrome tapi tetap berguna. Setelah Anda mengunduh add-on ini, secara otomatis semua situs akan tidak bisa memutar video/audio. Untungnya, Anda masih bisa memilih situs yang masuk ke dalam whitelist.



Untuk memasukkan situs ke dalam whitelist, pertama, masuk ke bagian add-on dari Firefox dan klik Extension lalu cari Mute Sites by Default. Klik Options dan Anda bisa memasukkan nama situs yang ingin Anda izinkan untuk memutar audio/video.

Safari
Di Safari, opsi untuk mematikan suara pada peramban merupakan fitur yang terintegrasi sejak OS X El Capitan. Untuk itu, cukup buka tab baru dan klik lambang speaker berwarna biru di adress bar untuk mematikan semua tab yang memutar suara. Untuk membiarkan tab ini kembali mengeluarkan suara, cukup klik ikon speaker tadi.

Jika Anda hanya ingin melakukan mute/unmute pada tab tertentu, Anda cukup mengklik ikon speaker pada tab tersebut. Setiap Anda membuka Safari, Anda harus mengulang proses ini. 

Opera
Di Opera, untuk mematikan suara di semua tab, klik kanan di tab manapun dan pilih "Mute other tabs". Anda juga bisa melakukan unmute pada tab tertentu atau kembali ke tab pertama dan klik "Unmute other tabs". Salah satu kelemahan sistem ini adalah tab yang Anda buka setelah melakukan mute akan tetap bisa mengeluarkan suara. Selain itu, sama seperti Safari, Anda harus mengulang proses ini setiap Anda membuka Opera kembali.

Microsoft Edge
Tampaknya, Microsoft Edge belum memiliki cara untuk mematikan suara dari semua tab. Namun, Anda bisa menggunakan aplikasi gratis yang disebut Ear Trumpet untuk mendapatkan hasil serupa. Ketika Anda membuka aplikasi ini, Anda akan menemukan system tray. Klik ikon Ear Trumpet dan Anda akan melihat kendali volume untuk semua program yang sedang Anda buka. Anda bisa mengurangi volume pada Microsoft Edge atau peramban lain. 



Namun, cara ini akan membuat semua tab pada Edge menjadi tidak bisa mengeluarkan suara. Jika ada video/audio yang ingin Anda dengarkan, maka Anda harus melakukan unmute pada Ear Trumpet. 


(MMI)