Tips & Trik

Tips Berbelanja Online Aman

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 14 Nov 2018 17:10 WIB
tips dan trik teknologicyber security
Tips Berbelanja Online Aman
Ilustrasi.

Jakarta: Menjelang musim liburan, Anda akan menemukan banyak diskon, baik di toko offline maupun offline. Sayangnya, musim diskon ini terkadang dimanfaatkan oleh para kriminal siber untuk mencari korban baru.

Tidak heran, para konsumen memang bisa terdorong untuk bertindak tidak hati-hati karena tergiur diskon.

Menurut riset McAfee, orang-orang terkadang bertindak kurang hati-hati pada musim diskon. Terkadang, mereka melakukan tindakan yang justru membahayakan diri mereka sendiri, seperti menggunakan Wi-Fi publik untuk melakukan pembelian, mengklik email mencurigakan demi mendapatkan harga yang lebih murah, dan membeli barang dari penjual yang mereka tidak tahu asli atau tidak.

Inilah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir kemungkinan tertipu saat hendak membeli barang diskon.

1. Gunakan WiFi yang aman
Jika tidak hati-hati, data Anda bisa tercuri ketika menggunakan WiFi publik. Informasi yang tercuri bisa berupa informasi pribada atau bahkan informasi finansial seperti nomor kartu kredit.

Ketika Anda hendak melakukan transaksi menggunakan WiFi publik, sebaiknya Anda menggunakan VPN (Virtual Private Network) untuk memastikan bahwa data Anda aman.

2. Hati-hati sebelum mengklik tautan
Salah satu cara paling sering yang digunakan kriminal siber adalah metode phishing, yaitu email yang disamarkan sebagai penawaran diskon atau liburan. Tujuannya adalah agar Anda mengklik tautan yang ada.

Tautan itu mungkin akan berujung pada malware atau situs palsu yang bertujuan untuk mencuri informasi pribadi. Jika Anda mendapatkan tawaran diskon, sebaiknya Anda memeriksanya langsung ke sumbernya daripada mengklik tautan yang ada.

3. Gunakan layanan keamanan siber
Anda bisa menggunakan layanan dari perusahaan keamanan siber untuk membantu Anda mengamankan perangkat Anda dari berbagai serangan, mulai dari malware sampai serangan phishing.

Anda juga bisa menggunakan alat keamanan untuk mengamankan informasi pribadi atau finansial Anda.

4. Berlaku cerdas
Jika Anda mendapatkan tawaran yang Anda rasa terlalu bagus, ada kemungkinan bahwa penawaran itu palsu.



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.