Tips & Trik

Cara Periksa Windows 10 Nonaktif Normal

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 19 Feb 2018 14:14 WIB
tips dan trik teknologi
Cara Periksa Windows 10 Nonaktif Normal
Berikut cara memerika laptop Windows 10 nonaktif dengan sesuai.

Jakarta: Windows 10 bisa saja mengalami permasalahan, bahkan di awal kemunculannya, banyak permasalahan yang dihadapinya. Salah satunya adalah nonaktif secara mendadak akibat dipaksa oleh sistem.

Anda juga dapat memaksa Windows 10 untuk nonaktif secara terpaksa via tombol daya, dengan menekan selama beberapa detik tombol daya pada laptop atau desktop hingga sistem nonaktif. Namun hal ini tidak disarankan jika tidak tersedia alternatif lainnya.

Saat mencurigai sistem mengalami masalah, atau pengguna lain memaksa perangkat Windows 10 untuk nonaktif, Anda dapat memeriksanya pada log event. Melalui log event tersebut, Anda dapat memeriksa perangkat Windows 10 nonaktif secara normal, melalui ID event yang tepat. Berikut caranya.

1. Untuk menampilkan event nonaktif Windows 10, buka kotak Run via shortcut Wind+R dan ketik 'eventvwr.msc'.



2. Pada kolom sebelah kiri, jabarkan Windows logs>System.

3. Di kolom sebelah kanan, Anda akan menemukan opsi untuk menyaring log saat ini. Lalu klik 'Filter Current Log...'.



4. Pada Filter Current Log, klol di dalam kotak , lokasi Anda memasukan Event ID untuk melihat seluruh event yang terdaftar dan sesuai.



5. Event ID yang perlu Anda filter yaitu Forced Shut Down: Event ID 6008; Normal Shut Down: Event ID 6006; System Crash/BSOD: Event ID 1001; dan System Turned On: Event ID 6005.

6. Langkah ini tidak akan memberitahukan Anda informasi saat sistem mengalami restart. Anda dapat memfilter event ID 6006 dan 6005 dan membandingkan dengan catatan waktu per ID.

7. Kemudian, sistem akan menampilkan informasi event terkait waktu sistem dimulai. Deskripsi akan menampilkan kalimat 'The Event log service was started'. Ini adalah layanan yang mencatatkan seluruh event pada Windows, serta yang dimulai dan diakhiri dengan Windows.



Sayangnya, Events tidak akan menampilkan perbedaan antara cara sistem nonaktif, contohnya via menu daya atau via Command Prompt, atau melalui aplikasi.

Selain itu, cara ini juga tidak akan menampilkan perbedaan antara cara sistem dipaksa untuk non aktif, contohnya dengan menekan tombol power selama beberapa saat atau koneksi sistem terputus.

Selamat mencoba!


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.