Tips & Trik

Rekam Percakapan di Perangkat iOS dengan Cara Ini

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 11 Sep 2017 17:49 WIB
tips dan trik teknologismartphone
Rekam Percakapan di Perangkat iOS dengan Cara Ini
Berikut aplikasi yang dapat digunakan untuk merekam percakapan telepon pada iPhone.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ingat perseteruan yang dialami oleh Taylor Swift, Kanye West dan Kim Kardashian terkait lirik salah satu lagu pada album terbaru Kanye West. Perseteruan tersebut disebabkan karena Taylor Swift tidak menyetujui lirik yang disematkan Kanye pada lagu kontroversialnya tersebut.

Perseteruan tersebut memanas saat Kim Kardashian mengunggah video yang menampilkan saat Kanye meminta izin kepada Taylor melalui ponsel. Taylor membantah telah memberikan izin untuk lirik lagu tersebut, dan menuduh Kim Kardashian telah mengedit video tersebut.

Jika hal serupa pernah terjadi pada Anda, ataupun khawatir hal serupa terjadi, mungkin sudah saatnya Anda mulai memanfaatkan alat perekam percakapan via smartphone. Berikut beberapa aplikasi perekam yang dapat Anda manfaatkan untuk merekam percakapan pada iPhone.

1. Call Recorder
Call Recorder karya perusahaan bernama sama hadir dengan tampilan serta fungsionalitas yang sederhana. Anda akan disapa oleh dial-pad dan opsi pilihan negara sehingga aplikasi dapat mengubah kode panggilan negara secara otomatis.



Aplikasi ini menggunakan koin yang menggantikan kredit sebagai mata uang virtual untuk memungkinkan Anda melakukan panggilan telepon. Untuk mendapatkan 100 koin, Anda dapat membelinya seharga USD1, namun untuk melakukan panggilan selama satu menit, Anda akan membutuhkan sebanyak 15 koin.

kemampuan melakukan perekaman panggilan telepon akan segera berfungsi setelah panggilan telepon terhubung. Namun sayangnya, aplikasi ini tidak dapat melakukan panggilan telepon dan merekam percakapan yang dilakukan via Wi-Fi, dan hanya dapat berfungsi pada jaringan 4G.

2. WeTalk Pro
Desain antarmuka aplikasi ini sedikit tidak semenarik Call Recorder, namun lebih memudahkan dalam melakukan aktivitas pembelian koin, sebab tidak memanfaatkan mata uang virtual. Anda dapat membeli koin menggunakan kredit bernilai antara satu USD hingga ratusan dollar.



Pembayaran pembelian dan pengisian ulang kredit dapat dilakukan via metode in-app purchase atau melalui PayPal atau AliPay. Serupa dengan aplikasi sebelumnya, WeTalk Pro juga menolak untuk melakukan panggilan telepon saat terhubung pada jaringan Wi-Fi.

Selain itu, aplikasi ini juga tidak akan merekam percakapan secara otomatis saat panggilan terhubung, sehingga Anda harus menekan tombol "Record" secara manual. Anda juga harus bersabar menghadapi sejumlah pop-up terkait dengan penggunaan aplikasi selama melakukan panggilan telepon.

3. Call Recorder - Record Phone Conversations
Aplikasi karya David Kang ini hadir dengan desain lebih menarik jika dibandingkan dengan dua aplikasi sebelumnya, sehingga lebih mudah dipahami dan digunakan. Namun aplikasi ini juga menggunakan koin dengan kisaran harga yang sama, sedikit lebih dari USD1 untuk 100 koin.



Halaman dialer menampilkan jumlah koin yang tersisa, dan biaya koin yang dihabiskan per menit setelah menekan nomor tujuan. Fitur perekaman pada aplikasi ini bekerja otomatis setelah panggilan telepon terhubung, meski kualitas suara sedikit kurang memuaskan.

4. TextFun - Unlimited Text + Calls
Aplikasi ini berbeda dari aplikasi sebelumnya, sebab lebih menonjolkan diri sebagai aplikasi pesan instan dengan kemampuan merekam panggilan telepon sebagai salah satu fitur unggulannya. Aplikasi ini hadir dengan tampilan paling modern jika dibandingkan dengan aplikasi lainnya.

Halaman awal aplikasi tampil dengan header tebal yang juga dapat ditemukan pada aplikasi karya Apple di perangkat bersistem operasi iOS 11. TextFun hadir dengan dukungan animasi mulus, font yang dapat dipilih dan kombinasi warna menarik.



Untuk mengaktifkan fitur perekam percakapan, Anda harus menekan tombol pada layar secara manual. TextFun juga memanfaatkan koin sebagai mata uang virtual, yang dapat diperoleh dengan menonton sejumlah konten promosi.

Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi fitur nomor virtual berbasis di Amerika Serikat atau Kanada, yang akan muncul saat melakukan panggilan telepon via aplikasi berbasis konektivitas internet. Sementara itu, perekaman panggilan telepon juga dapat dibubuhi catatan, guna membantu file rekaman tersimpan rapi.


(MMI)

Video /