Tips & Trik

Jaga Privasi Laptop dan PC Pakai Dua Akun Microsoft, Begini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 13 Apr 2018 15:44 WIB
microsofttips dan trik teknologiwindows
Jaga Privasi Laptop dan PC Pakai Dua Akun Microsoft, Begini Caranya
Tampilan login akun di Windows 10.

Jakarta: Apakah Anda memiliki PC atau laptop yang tidak digunakan Anda saja? Misalnya digunakan dengan kakak atau adik, tapi Anda ingin mereka tidak sembarangan memasang software di dalamnya.

Beruntung Microsoft memahami privasi pengguna PC atau laptop yang memang sangat banyak mengadopsi sistem operasi buatannya. Dalam Windows tersedia sebuah fitur agar pengguna PC dan laptop bisa merasa tenang saat orang lain menggunakan perangkat mereka.

Fitur bernama local user account bisa digunakan untuk memisahkan akun Anda di PC atau laptop dengan akun yang menyediakan akses untuk orang lain. Tentu saja cara ini jauh lebih mudah ketimbang setiap orang yang ingin meminjam akses PC atau laptop Anda harus selalu menanyakan kata kunci aksesnya.

Medcom.id telah merangkum cara membuat local user account. Pengguna selain pemilik PC atau laptop tidak akan bisa memasang aplikasi atau software tanpa izin Anda. Perlu diketahui bahwa langkah ini bisa digunakan untuk membuat lebih dari satu local user account.

1.Akses halaman pembuatan akun di control panel
Langkah pertama adalah klik ikon Start hingga muncul kolom menu. Pada sisi kiri kolom akan terdapat beberapa ikon berderet yang dimulai dari bawah: ikon shutdown, ikon control panel, dan ikon akun.



Pilih ikon akun sehingga muncul kotak berisi opsi menu lalu di kotak tersebut pilih menu change account settings sehingga Anda akan dialihkan ke halaman control panel khusus pengaturan akun untuk akses ke PC atau laptop tersebut.

2. Langkah membuat akun
Setelah Anda dialihkan ke halaman Account di control panel, pilih menu yang tersedia di sisi kiri dengan tulisan family & other people. Anda akan disajikan halaman untuk membuat akun di PC atau laptop Anda untuk bisa digunakan orang lain.



Pada halaman tersebut pilih menu add somenone else to this PC untuk menampilkan halaman pembuatan local user account. Pada halaman yang ditampilkan Anda akan diminta untuk memasukkan local user account yang sudah terintegrasi dengan layanan akun Microsoft.

Permasalahannya tidak semua orang memiliki akun Microsoft, misalnya orang tua Anda atau adik Anda yang masih di bangku sekolah. Oleh sebab itu, pilih menu di bagian bawah yang bertuliskan add a user without Microsoft account.



3. Isi informasi local user account
Apabila Anda sudah melakukan langkah sebelumnya maka Anda akan ditampilkan halaman berisi kolom informasi yang harus diisi, di antaranya kolom nama local user account serta supaya lebih aman, berikan kata kunci seandainya dibutuhkan. Akhiri langkah dengan memilih tombol next.



Kini akun tersebut sudah bisa digunakan kapan saja, caranya cukup klik ikon Start dan di kolom menu Start pilih ikon akun maka Anda akan menemukan daftar local user account yang bisa digunakan dan akun Anda akan secara otomatis melakukan log out.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.