Tips & Trik

Begini Cara Irit Baterai dan Paket Data Saat Main Pokemon Go

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 13 Jul 2016 12:25 WIB
pokemon go
Begini Cara Irit Baterai dan Paket Data Saat Main Pokemon Go
Pokemon Go dapat memboroskan baterai ponsel Anda.

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk bermain Pokemon Go, Anda harus terus terhubung ke internet, baik menggunakan WiFi atau paket data.

Semakin lama Anda bermain, semakin besar pula data Anda yang terkuras. Hal ini mungkin bukan masalah jika Anda menggunakan WiFi atau paket data unlimited. Namun, tidak selamanya Anda bisa melakukan hal ini. 

Menurut Pokemon Go Database, penggunaan data saat Anda bermain Pokemon Go adalah sekitar 2MB hingga lebih dari 8MB per jam. Lifehacker menyebutkan, cara termudah untuk menghemat paket data Anda adalah dengan mengaktifkan Pokemon Go hanya saat Anda mendapatkan sinyal WiFi, tapi hal ini akan sangat membatasi gerakan Anda.

Inilah beberapa hal yang bisa Anda coba untuk menghemat paket data Anda saat bermain Pokemon Go.

1.  Matikan fitur update aplikasi otomatis
Terkadang, update untuk aplikasi secara otomatis diunduh oleh smartphone Anda. Dan hal ini dapat memboroskan paket data Anda.

Untuk membuat agar update aplikasi hanya diunduh saat Anda terhubung ke WiFi, Anda bisa memilih opsi "Update Apps automatically only through WiFi" pada Android, yang bisa Anda temukan pada Settings untuk Play Store. Sementara di iPhone, Anda dapat mematikan "Wi-fi assist" pada Settings.

2. Hanya buka Pokemon Go ketika perlu
Semakin lama Anda membiarkan Pokemon Go menyala, semakin besar data Anda yang habis. Salah satu cara untuk menghemat paket data Anda adalah dengan hanya membuka Pokemon Go saat Anda berada di tempat baru. Periksa apakah ada Pokemon di sekitar Anda. Jika ada, tangkap. Setelah itu, kembali matikan Pokemon Go.

Selain boros paket data, Pokemon Go juga merupakan game yang boros daya baterai, terutama jika Anda terus mengaktifkan game ini. Seperti yang disebutkan oleh Android Central, perhatikan baterai smartphone Anda, jangan sampai Anda mengalami kejadian seperti meme di bawah ini.



Agar tidak kehabisan baterai di saat penting, inilah beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan.

1. Perhatikan tingkat kecerahan layar smartphone Anda
Salah satu hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai ponsel Anda adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layar. Dengan begitu, Anda bisa membuat ponsel Anda bertahan lebih lama.

Satu masalah yang biasa dihadapi oleh pemain adalah karena Anda harus keluar saat bermain. Dengan menurunkan tingkat kecerahan layar, Anda mungkin akan kesulitan untuk melihat layar ponsel Anda. Karena itu, mungkin Anda bisa menyesuaikan tingkat kecerahan layar sesuai dengan cuaca.

2. Aktifkan mode Battery Saver
Game ini dilengkapi dengan mode Battery Saver, yang berfungsi untuk menurunkan kecerahan layar smartphone dan mengurangi frekuensi refresh rate ketika Anda berjalan.

Ketika mode ini diaktifkan, Anda cukup mengarahkan bagian atas ponsel ke bawah, seperti saat  menggenggam ponsel saat berjalan. Dengan begitu, layar ponsel Anda akan secara otomatis mati. Namun, Anda tetap mendapatkan notifikasi berupa getaran saat ada Pokemon di dekat Anda.

Untuk mengaktifkan mode Battery Saver, Anda cukup tap PokeBall, pilih Settings dan aktifkan Battery Saver.

3. Matikan fitur augmented reality
Salah satu alasan mengapa game ini menjadi sangat boros daya adalah karena game ini mengaktifkan kamera. Saat bermain Pokemon Go, Anda bisa memilih untuk mematikan atau mengaktifkan kamera.

Ketika Anda hendak menangkap Pokemon, maka kamera ponsel otomatis aktif. Anda akan melihat Pokemon dengan lingkungan sekitar sebagai latar belakangnya.



Hal ini memang terlihat keren, tapi saat fitur ini aktif, baterai ponsel Anda terkuras dengan cepat, terutama saat Anda melakukan Gym battle. Dengan mematikan kamera, Anda bisa membuat baterai ponsel Anda bertahan lebih lama.

4. Beli power bank
Jika Anda memang ingin menghabiskan waktu berjam-jam untuk berburu Pokemon, sebaiknya Anda membeli power bank. Anda dapat membeli power bank di berbagai tempat. Ia juga hadir dengan berbagai kapasitas daya. Namun, tidak semua power bank memiliki kualitas yang sama. Karena itu, tidak ada salahnya Anda mencari tahu tips untuk mencari power bank terbaik.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.