Tips & Trik

Bikin Grup Facebook Sangat Gampang, Begini Caranya

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 11 Sep 2017 18:08 WIB
media sosialfacebooktips dan trik teknologi
Bikin Grup Facebook Sangat Gampang, Begini Caranya
Ini cara mudah untuk membuat grup di Facebook.

Metrotvnews.com, Jakarta: Grup Facebook adalah cara mudah untuk menemukan orang-orang yang memiliki kesamaan dengan Anda, mulai dari kampung halaman yang sama, memiliki hobi yang sama sampai memainkan game yang sama.

Ada banyak grup yang bisa Anda temukan di Facebook. Namun, jika Anda ingin membuat grup Facebook sendiri, caranya pun cukup mudah. 



Pertama, klik tanda segitiga terbalik di sebelah kanan atas, di sebelah ikon tanda tanya. Di bagian ini, cari bagian "Create Group". Setelah itu, Anda cukup mengisi nama grup, masukkan nama teman-teman Anda sebagai anggota grup dan pilih jenis privasi dari grup tersebut. Kemudian, Anda akan diminta untuk memilih ikon dari grup yang Anda buat. 



Ada tiga jenis privasi yang bisa Anda pilih: Public, Closed dan Secret. 

Pada pengaturan Public, semua orang bisa bergabung dengan grup yang Anda buat. Anggota juga bebas untuk memasukkan anggota baru atau mengajak teman untuk bergabung, seperti yang disebutkan oleh How to Geek.

Selain itu, semua orang bisa melihat nama grup yang Anda buat, anggota grup, deskripsi grup serta post yang dibuat oleh anggota grup. Ketika orang melakukan pencarian, grup tersebut juga akan muncul dalam hasil pencarian. Sementara untuk masuk grup dengan pengaturan Closed, seseorang harus meminta izin atau diundang oleh seorang anggota. Sama seperti pada pengaturan Public, semua orang bisa melihat nama grup, anggota grup, dan deskripsi grup.

Namun, hanya anggota grup yang bisa melihat post yang dibuat oleh anggota ke dalam grup. Grup Closed juga masih bisa ditemukan melalui pencarian. 



Secret adalah pengaturan grup yang paling tertutup. Seseorang hanya bisa bergabung dengan grup ini jika diundang atau ditambahkan oleh anggota grup. Orang-orang yang bisa melihat nama grup pun hanya mereka yang menjadi anggota atau pernah menjadi anggota. Begitu juga dengan deskripsi grup dan tag yang dibuat oleh grup. 

Sementara unggahan di dalam grup hanya dapat dilihat oleh orang yang menjadi anggota grup. Grup ini juga hanya dapat ditemukan oleh orang-orang yang pernah menjadi anggota atau masih aktif menjadi anggota grup. Setelah grup selesai dibuat, Anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan Anda dengan memasukkan gambar cover, memasukkan tag dan lokasi serta deskripsi grup. 


(MMI)

Video /