Tips & Trik

Ketahui Perbedaan Copy dan Forward Teks di Whatsapp

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 05 Nov 2017 11:43 WIB
tips dan trik teknologiwhatsapptips dan trik whatsapp
Ketahui Perbedaan Copy dan Forward Teks di Whatsapp
Aplikasi WhatsApp menjadi salah satu aplikasi messenger yang paling banyak dipergunakan saat ini di dunia.

Metrotvnews.com, Jakarta: Aplikasi pengirim pesan seperti WhatsApp membantu Anda terhubung dengan siapa saja yang ada di daftar kontak ponsel Anda. 

Apabila Anda memiliki pertanyaan yang sama untuk diajukan lebih dari satu orang di aplikasi WhatsApp, sebetulnya Anda tidak perlu mengetiknya lagi. WhatsApp sudah menyediakan sebuah fitur bernama 'copy' dan 'forward' yang memudahkan Anda mengirimkan teks yang sama dari satu kontak lawan bicara ke lawan bicara lainnya di aplikasi WhatsApp.

Tapi, tahukah Anda perbedaan antara 'copy' dan 'forward'? Meskipun keduanya sama-sama mengirimkan pesan yang sama ke lawan bicara Anda tapi tampilannyan berbeda. Ikon untuk menggunakan dua fitur tersebut juga berbeda. Apabila Anda menekan sebuah teks yang akan digandakan, maka di bagian atas aplikasi WhatsApp akan muncul beberapa ikon.



Perhatikan kedua ikon dari sisi kanan yang muncul pada bagian atas aplikasi WhatsApp. Ikon paling kanan yang berupa tanda panah melengkung merupakan ikon 'forward'. Lalu, ikon kedua dari kanan yang menggambarkan dua buat kotak persegi merupakan ikon 'copy'.

Lalu, apa perbedaan keduanya? Apabila Anda memilih ikon 'copy' pada sebuah teks dan menyalin teks tersebut atau 'paste' pada lawan bicara Anda maka tampilan teks yang disalin akan melampirkan informasi seperti keterangan waktu pesan yang Anda copy dan siapa pembuat pesan tersebut.



Hal ini bisa dipergunakan sebagai bukti ketika Anda harus melampirkan bukti percakapan selain screenshot layar. Tentu saja, karena sifatnya teks, maka bentuk teks hasil proses 'copy' juga bisa dipalsukan.

Berbeda dengan 'forward' yang sifatnya hanya meneruskan teks. Ketika Anda memilih untuk meneruskan sebuah teks ke lawan bicara di WhatsApp, maka hasilnya teks tersebut tidak akan menampilkan informasi teks seperti jika Anda menggunakan fitur 'copy'. Jadi, jangan heran ketika melihat tampilan teks yang Anda salin berbeda ketika mengguna fitur 'copy' dan 'forward'.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.