Tips & Trik

Tips Membersihkan Bodi Smartphone

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 31 Mar 2017 18:37 WIB
smartphonetips & trik
Tips Membersihkan Bodi Smartphone
Yuk bersihkan smartphone secara menyeluruh.

Metrotvnews.com, Jakarta: Smartphone kini menjadi perangkat yang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Ponsel cerdas ini sering kali menjadi smartphone pertama yang dilihat penggunanya saat bangun tidur di pagi hari, dan hal terakhir yang dilihat di malam hari.

Intensitas interaksi penggunaan tersebut turut meningkatkan peluang ponsel cerdas kotor serta menjadi sarang kuman dan bakteri. Karenanya, pengguna smartphone cerdas juga perlu memperhatikan kebersihan perangkat, dan lebih rutin dalam membersihkannya.

Namun, membersihkan bodi smartphone tidak hanya membutuhkan kain dan air. Berikut kami sajikan langkah membersihkan smartphone secara menyeluruh dan mudah dilakukan di rumah Anda. Perlu diingat, cara membersihkan ini juga berlaku untuk semua jenis bodi ponsel, baik metal maupun plastik.

Untuk membersihkan bodi, Anda dapat memanfaatkan campuran 226,8 gram dari alkohol 70 persen dan 226,8 gram air hasil penyulingan. Penggunaan air penyulingan adalah langkah penting, sebab air keran dapat menyisakan residu pada bodi smartphone.

Tidak hanya campuran tersebut, Anda juga dapat memanfaatkan campuran cuka dan air hasil penyulingan, dengan komposisi 50-50. Tempatkan hasil campuran tersebut dalam botol semprotan kecil, dan mulai menyemprotkan cairan ke bodi smartphone.

Kemudian, segera bersihkan cairan tersebut dengan menggunakan kain berbahan lembut atau microfiber secara menyeluruh. Tidak hanya bodi  belakang, kain ini juga dapat Anda gunakan untuk membersihkan layar ponsel.

Kain microfiber

Anda juga disarankan untuk membersihkan bodi smartphone secara satu arah, dan mengikuti alur pola yang dimilikinya. Bagi smartphone dengan bodi bertekstur atau berpola, Anda juga dapat memanfaatkan cotton buds yang telah dibasahi dengan cairan tersebut untuk membersihkan celah antara pola dengan lebih seksama.

Cara tersebut juga dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan celah antara casis dan layar, ataupun lubang speaker dan headset smartphone. Sebaiknya, Anda menghindari penggunaan cairan disinfektan atau pembersih rumah tangga lainnya, sebab berpotensi merusak smartphone.

Jika Anda benar-benar fobia terhadap kuman, mungkin alat UV Sanitizer bisa membantu membersihkan bodi smartphone dengan lebih baik. Alat ini akan membunuh kuman dengan sinar UV yang dipancarkan alat tersebut.

Namun, ada baiknya jika Anda menggunakan bodi pelindung tambahan, untuk menghindari lebih banyak kotoran menempel di smartphone, terutama jika Anda termasuk orang pelupa atau tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan smartphone.

Selamat mencoba.  


(MMI)

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah
Review Smartphone

Xiaomi Mi 6, Kelas Premium di Harga Menengah

2 weeks Ago

Inilah ulasan lengkap tentang smartphone terbaru dari Xiaomi, Mi 6. 

BERITA LAINNYA
Video /