Tips & Trik

Cara Bersihkan Jejak Berselancar Internet di Ponsel

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 23 Sep 2017 21:54 WIB
internettips dan trik teknologi
Cara Bersihkan Jejak Berselancar Internet di Ponsel
Anda bisa menghapus jejak penelusuran Anda di peramban mobile. (Digital Trends)

Metrotvnews.com, Jakarta: Terkadang, Anda mengakses situs sensitif melalui perangkat mobile Anda. Sama seperti peramban di komputer, peramban di perangkat mobile Anda juga mencatat situs-situs yang dikunjungi. Jika Anda ingin menghapus jejak di peramban mobile, Anda juga bisa melakukan itu.

Google Chrome di Android/iOS
Seperti yang disebutkan oleh How to Geek, untuk membersihkan browsing history Anda di Chrome, Anda cukup mengetuk menu -- ikon tiga titik di sebelah kanan atas -- lalu masuk ke bagian Settings > Privacy > Clear Browsing Data. 



Jika menggunakan Android, Anda harus memilih sejak kapan data dalam browsing history yang ingin dihapus. Pilih "Beginning of time" untuk menghapus seluruh data yang ada. Sementara pada perangkat berbasis iOS, Chrome akan secara otomatis menghapus semua data browsing dan tidak memberikan opsi pilihan waktu pada Anda. 

Untuk menghapus browsing history, pastikan opsi "Browsing history" memang sudah terentang. Setelah itu, ketuk tombol "Clear Data" atau "Clear Browsing data". Di sini, Anda juga bisa memilih data pribadi lain yang ingin Anda hapus, seperti cookies dan data yang tersimpan dalam cache

Safari di iOS
Sementara untuk menghapus jejak Anda di Safari, Anda perlu masuk ke aplikasi Settings. Kemudian masuk ke bagian Settings > Safari > Clear History and Website Data. Ketuk "Clear History and Data" untuk mengonfirmasi. Dengan begitu, semua data browsing yang sensitif akan dihapus, termasuk cookies dan cache




(MMI)

Video /