Tips & Trik

Cara Pasang Aplikasi Default di Android

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 08 Sep 2017 06:40 WIB
androidtips dan trik teknologismartphone
Cara Pasang Aplikasi Default di Android
Ada cara untuk membuat sebuah aplikasi menjadi default pada Android. (CNET)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika Anda memiliki lebih dari satu aplikasi dengan fungsi yang sama -- seperti peramban internet -- Android akan menanyakan aplikasi apa yang akan gunakan, setidaknya sampai Anda memilih satu aplikasi sebagai aplikasi yang selalu Anda pakai. 

Ada cara mudah untuk memasang aplikasi default di Android. Namun, seperti yang disebutkan oleh How to Geek, salah satu masalah di Android adalah karena ada begitu banyak vendor yang menggunakan sistem operasi tersebut dan melakukan kustomisasinya masing-masing.

Kabar baiknya, cara mengatur aplikasi default bisa dilakukan dengan cara yang kurang lebih sama pada setiap Android. Pertama, masuk ke menu Settings. Anda bisa melakukan hal ini dengan mencari menu Settings atau melakukan drag down menu dan mengetuk ikon Settings. 



Setelah itu, Anda harus mencari bagian aplikasi yang biasanya dinamai "Apps" atau "Manage Apps". Satu pengecualian adalah Samsung, yang memilih untuk menggunakan "Applications". Pada perangkat LG, Anda akan menemukan bagian "Apps" di bawah tab "General".



Tahap berikutnya akan tergantung pada Android yang Anda gunakan. Pada perangkat yang menggunakan Android 6 Marshmallow murni, langkah berikutnya adalah mengetuk lambang roda gigi di kanan atas dan pilih opsi "Default Apps". Di Android 7 Nougat, Anda tidak akan menemukan opsi "Default Apps", sebagai gantinya, semua menu yang ada akan tampil pada bagian utama pengaturan. 



Pada perangkat buatan Samsung, Anda akan menemukan opsi "Default applications", seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas. Untuk perangkat buatan LG, ketuk tombol overflow di bagian kanan atas dan pilih "Configure apps". Sementara pada ponsel Huawei, cari bagian "Default app Settings".



Di bagian ini, apa yang Anda lihat akan kurang lebih sama, tidak peduli ponsel apa yang Anda gunakan. Di sini, Anda bisa menentukan aplikasi yang ingin Anda gunakan sebagai default untuk launcher/Home, peramban, telepon dan aplikasi SMS. 



Satu hal yang harus diingat adalah ketika Anda mengunduh aplikasi baru, Anda bisa langsung menjadikannya sebagai aplikasi default


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /