Ramadan 2017

Begini Caranya Buat Kartu Ucapan Lebaran Digital Sendiri

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 21 Jun 2017 17:39 WIB
tips & trikramadan 2017
Begini Caranya Buat Kartu Ucapan Lebaran Digital Sendiri
Kartu lebaran digital lebih mudah dibuat dan lebih ekonomis (ANTARA/FANNY KUSUMAWARDHANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tradisi mengirim kartu lebaran menjelang hari raya Idul Fitri 1438H memang sudah ada sejak lama. Namun di era digital ini, Anda tentunya tidak perlu mengirimkan kartu ucapan selamat hari raya lebaran secara fisik karena kartu ucapan kini dapat dikirim melalui aplikasi perpesanan (messenger) atau surat elektronik. 

Selain sangat ekonomis, salah satu kelebihan mengirimkan kartu ucapan lebaran melalui media digital adalah Anda bisa membuatnya dengan sangat mudah. Berbagai sarana untuk membuat kartu ucapan juga telah banyak tersedia secara online dan gratis untuk digunakan, salah satunya adalah Canva.

Canva menawarkan layanan membuat kartu ucapan melalui puluhan template gratis yang bisa Anda gunakan. Tidak hanya itu, Canva juga menawarkan fleksibilitas dalam mendesain kartu ucapan Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara membuat kartu ucapan lebaran sederhana melalui Canva:

1. Kunjungi situs Canva, masuk dengan akun Facebook atau Google lalu pilih "Card" untuk membuat kartu ucapan.



2. Selanjutnya, Anda akan diberikan sebuah kanvas kosong yang bisa ditambahkan dengan berbagai elemen. Agar lebih mudah, Anda bisa memilih layout yang telah disediakan melalui menu yang ada di sebelah kiri layar. Perlu diperhatikan bahwa ada beberapa template yang berbayar.



3. Anda juga bisa menambahkan elemen desain lain seperti tulisan dengan layout tertentu, foto, hingga latar belakang gambar. Dengan mengkombinasikan semuanya, Anda bisa menciptakan sebuah kartu ucapan lebaran yang unik dan berbeda dengan orang lain.



4. Setelah selesai, Anda bisa membagikan langsung kartu ucapan tersebut melalui Facebook atau Twitter. Selain itu, Anda juga bisa mengunduhnya dalam berbagai format gambar untuk kemudian dibagikan melalui platform lain. Selamat mencoba.




(MMI)

Video /