Tips & Trik

Main Game Lebih Lancar di Windows 10, Begini Caranya

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 28 Oct 2017 21:52 WIB
tips dan trik teknologi
Main Game Lebih Lancar di Windows 10, Begini Caranya
Main game di Windows 10 bisa lebih lancar berkat fitur Game Mode

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda suka bermain game? Tentunya Anda tidak akan suka jika sesuatu mengganggu sesi bermain game Anda. Sesuatu tersebut bukan hanya faktor eksternal, tetapi juga bisa berupa gangguan dari sistem seperti adanya aplikasi yang tiba-tiba berjalan dan memakan banyak RAM, hingga proses update beberapa aplikasi yang biasanya berjalan di balik layar.

Di luar sana memang cukup banyak aplikasi pihak ketiga yang menawarkan optimalisasi sehingga Anda bisa bermain game tanpa diganggu. Namun, kali ini Microsoft sudah menghadirkan fitur bernama "Game Mode". Fitur tersebut memungkinkan sistem operasi Windows 10 menjalankan game secara lebih optimal. 

Caranya adalah dengan mengalokasikan semua sumber daya untuk bermain game, sehingga game bisa berjalan lebih lancar dan tanpa interupsi dari aplikasi lain. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur ini? Simak langkah-langkah singkatnya berikut ini:

1. Pastikan Anda menggunakan Windows 10 yang telah di-update.  Fitur Game Mode memang hanya bisa diakses di Windows 10 yang sudah menerima Creators Update. Jika Fitur ini tidak bisa diakses, Anda bisa melakukan update terlebih dulu.

2. Klik kanan pada logo Windows di Task Bar lalu pilih Settings.



3. Sebuah window baru akan muncul dan memperlihatkan menu pilihan Gaming dengan logo Xbox. Menu ini tidak akan muncul jika Anda belum memasang Creators Update.



4. Setelah masuk ke menu Gaming, pilih menu Game Mode yang ada di bagian kiri.



5. Dari menu Game Mode, Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini dengan cara menggeser slider-nya.



Fitur Game Mode juga bisa diaktifkan dan dinonaktifkan tanpa harus melakukan restart dan bisa langsung bekerja. Jadi jangan khawatir jika Anda lupa belum menyimpan pekerjaan ketika mengaktifkan fitur ini.




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.