Tips & Trik

Buka Facebook Bisa Lebih Hemat Data, Ini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 06 Nov 2017 11:19 WIB
facebooktips dan trik teknologi
Buka Facebook Bisa Lebih Hemat Data, Ini Caranya
Layanan media sosial Facebook menjadi aplikasi media sosial yang paling sering di akses lewat perangkat ponsel pintar.

Metrotvnews.com, Jakarta: Media sosial adalah aplikasi yang sering kita akses di smartphone. Terlalu asiknya kita membuka media sosial, kadang kita tidak sadar sudah berapa lama kita memandangi aplikaisi tersebut.

Selama kita membuka media sosial, kuota data internet kita terus tersedot. Wajar saja, sebab aplikasi media sosial berisi beragam konten yang tidak hanya terdiri dari teks tapi juga foto, video, dan-lain-lain. Tentu saja kita sulit untuk menahan diri tidak melihat foto atau video yang muncul pada newsfeed Facebook.

Umumnya ketika melihat satu foto, maka kita akan tertarik untuk menelusuri foto lainnya. Begitu juga dengan video, berawal dari video yang berdurasi singkat maka kita mulai tertarik memutar video yang durasinya lebih panjang. Semakin panjang maka semakin banyak kuota data internet yang tersedot apalagi kadang di beberapa lokasi internetnya kurang bagus.

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa Facebook sebetulnya menyediakan mode layanan yang bebas kuota internet alias gratis. Layanan ini biasanya dihadirkan hasil kerjasama dengan operator lokal. Tentu saja ide layanan Facebook secara gratis tidak terlepas dari ide sang pendirinya, Mark Zuckerberg yang ingin lebih banyak orang terhubung dengan Facebook.

Berikut Metrotvnews.com sudah merangkum cara mudah mengakses Facebook mode gratis sekaligus cara mengetahui apakah layanan seluler yang Anda gunakan bekerjasama dengan Facebook atau tidak.

1. Buka aplikasi Facebook dan akses menu 'Pengaturan'
Untuk mengakses Facebokk mode gratis sangat disarankan membuka layanan Facebook lewat aplikasi, karena langkah dan prosesnya akan jauh lebih cepat. Selain itu, tampilannya jauh lebih jelas.



Apabila Anda sudan mengakses aplikasi Facebook, maka Anda akan langsung disajikan halaman newsfeed atau timeline atau linimasa Facebook. Alihkan perhatian Anda ke deretan ikon yang ada di bagian atas aplikasi tersebut.

Akses menuju Facebook mode gratis berada di halaman 'Pengaturan'. Ikon 'Pengaturan' terdapat pada bagian paling kanan dari deretan ikon tadi.

Apabila Anda sudah memilih ikon tersebut, Anda akan beralih ke halaman berisi pengaturan untuk seluruh fitur di layanan Facebook. Anda akan melihat pada urutan pertama Anda akan melihat menu bertuliskan 'Facebook Free Mode', pilih menu tersebut untuk melanjutkan proses ke menu Facebook mode gratis atau bebas kuota data internet.



2. Penjelasan mengenai Facebook Free Mode
Apabila kartu layanan seluler yang Anda gunakan mendukung layanan Facebook bebas kuota data internet, biasanya akan muncul halaman yang berisi penjelasan mengenai 'Facebook Free Mode'.

Pada fitur Facebook mode gratis bebas kuota data internet, layanan tersebut sama sekali tidak akan menyedot internet Anda. Konsekuensinya adalah Anda tidak bisa melihat unggahan foto dan video yang Anda temui. Kedua konten tersebut tidak akan ditampilkan, jadi Anda hanya bisa melihat unggahan teman Anda di Facebook yang berbentuk teks.



Apabila Anda ingin melihat foto atau video yang ada di Facebook maka Anda akan diberikan pertanyaan setiap mengklik konten tersebut. Pertanyaan tersebut berisi pemberitahuan bahwa jika Anda melihat konten atau vide tersebut maka secara otomatis Anda akan menonaktifkan layanan 'Facebook Free Mode'.

3. Pergunakan layanan 'Facebook Free Mode' lebih mudah
Apabila Anda sudah pernah mengaktifkan 'Facebook Free Mode' maka Anda akan lebih mudah untuk mengakses fitur tersebut. Kini setiap Anda membuka aplikasi, akan muncul notifikasi di bagian atas yang menjelaskan apakah Anda menggunakan kuota data internet untuk mengakses Facebook atau ingin menggunakan 'Facebook Free Mode'.



Kini Anda bisa kapan saja mengaktifkan mode 'Facebook Free Mode' di tengah-tengah layanan, sehingga Anda bisa jauh lebih menghemat kuota data internet.


(MMI)

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar
CES 2018

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar

5 hours Ago

Lenovo Smart Display menghadirkan layanan asisten digital Google Assistant dalam bentuk layar s…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.