Tips & Trik

3 Teknik Pencarian Google yang Harus Anda Ketahui

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 07 Oct 2017 22:34 WIB
googletips dan trik teknologi
3 Teknik Pencarian Google yang Harus Anda Ketahui
Mencari di Google juga memerlukan teknik khusus agar hasilnya lebih akurat

Metrotvnews.com, Jakarta: Di zaman serba internet saat ini, ada miliaran konten baru setiap harinya, dan semua itu sebagian besar direkam oleh mesin pencari Google. Tentu saja, banyaknya konten membuat pencarian Anda menggunakan Google semakin sulit. Benarkah? Ternyata tidak selama Anda melakukan pencarian menggunakan tiga teknik berikut ini:

1. Mulai dengan kata yang simpel lalu tambahkan deskripsi

Misalnya Anda ingin mencari kamera. Mulai mencari dengan kata kamera, lalu tambahkan deskripsi jenis kamera yang Anda inginkan, misalnya "point and shoot" sehingga pencarian menjadi "kamera point and shoot". Dengan teknik ini, Google akan mengarahkan pencarian ke situs yang spesifik yang menampilkan detail informasi dari apa yang Anda cari.



2. Cari secara spesifik

Mencari sesuatu yang sangat spesifik memang harus dicari dengan cara spesifik. Di Google, Anda memang sangat disarankan untuk mencari sesuatu dengan spesifik. Jika Anda ingin mencari jasa cetak foto, jangan ketik "cetak foto saya". Anda bisa menggunakan kalimat pencarian "jasa print foto kanvas di Jakarta" untuk melihat daftar penjual jasa print foto yang dimaksud.



3. Jangan abaikan hal kecil

Mengabaikan hal kecil bisa mempengaruhi hasil pencarian Anda secara keseluruhan. Hal kecil yang dimaksud adalah kesalahan dalam pengetikkan. Google memang memiliki mesin khusus yang bisa memprediksi pencarian Anda. Namun, mesin tersebut tidak selalu bekerja secara akurat, sehingga lebih baik pastikan kalimat pencarian Anda tidak salah ketik.




(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.