Ubah Resolusi Video di YouTube Mudah, Ini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 06 Oct 2017 22:59 WIB
youtubetips dan trik teknologi
Ubah Resolusi Video di YouTube Mudah, Ini Caranya
Aplikasi YouTube selalu menjadi pilihan untuk menikmati konten video di smartphone.

Metrotvnews.com, Jakarta: Dengan koneksi 4G LTE membuat orang senang mengakses konten video secara streaming melalui ponsel mereka. Kecepatan ini juga memungkinkan kualitas video yang semakin baik. Sayangnya, tidak semua pengguna smartphone mempunyai kecepatan internet yang memadai.

Sebagai salah satu penyedia konten video, YouTube memberikan pilihan kualitas resolusi video yang bisa diputar. Hal ini untuk memastikan bahwa pengguna masih dapat menikmati video yang ingin diputar.  Metrotvnews.com kali ini merangkum panduan mudah untuk penonton YouTube mengganti resolusi video yang ditonton.

1. Buka Aplikasi dan Cari Video 
Pertama yaitu membuka aplikasi YouTube, sangat disarankan Anda mengunduh aplikasi tersebut di smartphone Anda ketimbang membukanya lewat peramban ponsel, sebab tampilan antarmuka yang disuguhkan jauh lebih enak dan pas dengan ukuran layar. Kemudian, cari kanal video dan video yang Anda sukai atau sudah dilanggan sebagai kanal favorit.





2. Putar Video
Video yang Anda sukai sudah siap ditonton, ketukan jari Anda di video tersebut untuk memutar. Apabila video sudah berputar, ketukkan lagi jari Anda di video tersebut hingga muncul panel berisi hentikan atau pause di tengah layar video.

Jika Anda teliti, maka ada ikon berupa tiga titik yang bersusun secara vertikal pada sudut pojok kanan atas yang juga muncul bersamaan saat Anda mengetukkan jemari di video yang berputar. Ikon tersebut merupakan ikon menu untuk pengaturan video yang sedang ditonton.





3. Pilih Resolusi
Apabila Anda sudah memilih ikon menu utnuk pengaturan video yang sedang berputar, maka akan muncul kolom dari bagian bawah layar smartphone yang berisi menu untuk pengaturan video yang diputar. Pilih menu bertuliskan 'quality' yang disamping terdapat sebuah angka. Bagian ini adalah informasi kualitas resolusi dari video yang sedang diputar.

Kemudian, akan muncul deretan angka yang merupakan pilihan resolusi dari video yang bisa dipilih. Perlu diingat bahwa resolusi video tergantung dari resolusi yang bisa berjalan di layar smartphone Anda, semakin canggih kualitas resolusi layar smartphone Anda maka pilihan angka resolusi video di YouTube bisa lebih banyak dan besar angkanya.

Ini juga berlaku saat mengakses YouTube di monitor komputer, pilihan resolusinya bisa mencapai kualitas 4K atau 8K dengan kualitas resolusi video yang warnanya cerah, tajam, dan terlihat seperti menyaksikan langsung.



4. Hati-hati, Resolusi Video Tergantung Kualitas Internet dan Kuota
Pilihan ini tentu saja memiliki konsekuensi yang perlu diketahui. Resolusi yang lebih tinggi membutuhkan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil. Konsekuensi kedua adalah konsumsi kuota data internet untuk memutar video ini akan jauh lebih besar seiring resolusi video yang lebih tinggi.

Pastikan Anda punya banyak kuota serta terhubung dengan internet yang cepat dan stabil, solusinya manfaatkan koneksi Wi-Fi yang bisa ditemukan di sekitar Anda.



(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.