Ubah Resolusi Video di YouTube Mudah, Ini Caranya

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 06 Oct 2017 22:59 WIB
youtubetips dan trik teknologi
Ubah Resolusi Video di YouTube Mudah, Ini Caranya
Aplikasi YouTube selalu menjadi pilihan untuk menikmati konten video di smartphone.

Metrotvnews.com, Jakarta: Dengan koneksi 4G LTE membuat orang senang mengakses konten video secara streaming melalui ponsel mereka. Kecepatan ini juga memungkinkan kualitas video yang semakin baik. Sayangnya, tidak semua pengguna smartphone mempunyai kecepatan internet yang memadai.

Sebagai salah satu penyedia konten video, YouTube memberikan pilihan kualitas resolusi video yang bisa diputar. Hal ini untuk memastikan bahwa pengguna masih dapat menikmati video yang ingin diputar.  Metrotvnews.com kali ini merangkum panduan mudah untuk penonton YouTube mengganti resolusi video yang ditonton.

1. Buka Aplikasi dan Cari Video 
Pertama yaitu membuka aplikasi YouTube, sangat disarankan Anda mengunduh aplikasi tersebut di smartphone Anda ketimbang membukanya lewat peramban ponsel, sebab tampilan antarmuka yang disuguhkan jauh lebih enak dan pas dengan ukuran layar. Kemudian, cari kanal video dan video yang Anda sukai atau sudah dilanggan sebagai kanal favorit.





2. Putar Video
Video yang Anda sukai sudah siap ditonton, ketukan jari Anda di video tersebut untuk memutar. Apabila video sudah berputar, ketukkan lagi jari Anda di video tersebut hingga muncul panel berisi hentikan atau pause di tengah layar video.

Jika Anda teliti, maka ada ikon berupa tiga titik yang bersusun secara vertikal pada sudut pojok kanan atas yang juga muncul bersamaan saat Anda mengetukkan jemari di video yang berputar. Ikon tersebut merupakan ikon menu untuk pengaturan video yang sedang ditonton.





3. Pilih Resolusi
Apabila Anda sudah memilih ikon menu utnuk pengaturan video yang sedang berputar, maka akan muncul kolom dari bagian bawah layar smartphone yang berisi menu untuk pengaturan video yang diputar. Pilih menu bertuliskan 'quality' yang disamping terdapat sebuah angka. Bagian ini adalah informasi kualitas resolusi dari video yang sedang diputar.

Kemudian, akan muncul deretan angka yang merupakan pilihan resolusi dari video yang bisa dipilih. Perlu diingat bahwa resolusi video tergantung dari resolusi yang bisa berjalan di layar smartphone Anda, semakin canggih kualitas resolusi layar smartphone Anda maka pilihan angka resolusi video di YouTube bisa lebih banyak dan besar angkanya.

Ini juga berlaku saat mengakses YouTube di monitor komputer, pilihan resolusinya bisa mencapai kualitas 4K atau 8K dengan kualitas resolusi video yang warnanya cerah, tajam, dan terlihat seperti menyaksikan langsung.



4. Hati-hati, Resolusi Video Tergantung Kualitas Internet dan Kuota
Pilihan ini tentu saja memiliki konsekuensi yang perlu diketahui. Resolusi yang lebih tinggi membutuhkan koneksi internet yang lebih cepat dan stabil. Konsekuensi kedua adalah konsumsi kuota data internet untuk memutar video ini akan jauh lebih besar seiring resolusi video yang lebih tinggi.

Pastikan Anda punya banyak kuota serta terhubung dengan internet yang cepat dan stabil, solusinya manfaatkan koneksi Wi-Fi yang bisa ditemukan di sekitar Anda.



(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /