Tips & Trik

Cara Lindungi Akun iCloud Anda

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 26 Mar 2017 15:01 WIB
appletips dan trik teknologiicloud
Cara Lindungi Akun iCloud Anda
Ada beberapa hal mudah yang bisa dilakukan untuk amankan akun iCloud Anda. (AFP PHOTO / Jewel Samad)

Metrotvnews.com: Minggu ini, sebuah grup hacker mengklaim bahwa mereka memiliki akses ke ratusan juta akun iCloud. Apple telah membantah klaim ini, menyebutkan bahwa sistem mereka tetap aman.

Namun, saat ZDNet mencoba untuk menguji fungsi reset dari 54 data login yang disediakan oleh para hacker, mereka menemukan bahwa data tersebut memang benar.

Apple menyebutkan, data yang didapat oleh para hacker merupakan data dari layanan pihak ketiga. Namun, menurut 9to5Mac, tiga orang pelanggan akun yang dihubungi menyebutkan bahwa mereka tidak menggunakan password yang sama pada layanan lain. 

Tentu saja, ada kemungkinan apakah klaim ketiga orang itu berkata jujur. Meskipun begitu, ia menunjukkan potensi bahwa klaim hacker ini benar. Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda melakukan 5 langkah di bawah ini untuk melindungi akun Anda.

1. Ganti password Anda
Jika Anda menggunakan password iCloud pada situs lain, maka sebaiknya Anda mengganti password tersebut. Terutama jika Anda telah menggunakan password yang sama selama bertahun-tahun. 

2. Pastikan fitur autentikasi 2 faktor aktif
Jika Anda belum mengaktifkan fitur autentikasi 2 faktor pada akun iCloud Anda, sebaiknya Anda segera mengaktifkannya. Dengan begitu, akun Anda tidak akan bisa diakses dari perangkat yang tidak dikenal meski mereka mengetahui password yang Anda gunakan.

Dengan fitur ini aktif, ketika Anda atau orang lain berusaha untuk mengakses iCloud dari perangkat baru, maka Apple akan mengirimkan kode verifikasi ke perangkat yang pernah Anda gunakan sebelumnya. Anda harus memasukkan kode ini untuk bisa masuk ke akun iCloud.

3. Periksa bahwa yang Anda aktifkan adalah autentikasi 2 faktor bukannya verifikasi 2 langkah
Ada kemungkinan Anda hanya menggunakan sistem verifikasi 2 langkah yang lebih tua dan kurang aman jika dibandingkan dengan autentikasi 2 faktor.

Untuk memeriksa hal ini, masuk ke Apple ID Anda dan periksa bagian Security. Jika tertulis "verifikasi 2 langkah", Anda bisa mematikannya dan mengaktifkan autentikasi 2 faktor. Jika sudah tertulis "autentikasi 2 faktor", Anda sudah aman.

4. Periksa perangkat yang bisa mengakses akun iCloud Anda
Masuk ke situs Apple ID. Lalu pergi ke bagian Devices untuk melihat perangkat apa saja yang saat ini terhubung ke akun Anda. Pastikan Anda mengenali semua akun tersebut.



5. Gunakan password manager
Menggunakan password unik untuk setiap situs yang Anda gunakan akan menyulitkan Anda jika Anda harus mengingatnya sendiri. Satu-satunya cara mudah untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan password manager.

Safari sudah dilengkapi dengan manajemen password, yang bisa Anda gunakan jika Anda memakai Safari di semua perangkat Anda. Namun, password manager pihak ketiga bisa menawarkan fitur lain. Untuk password manager, Anda bisa menggunakan 1password atau LastPass.


(MMI)

Video /