Tips & Trik

Tips Menyesuaikan Pengaturan Privasi Akun Google Anda

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 30 Jun 2016 15:10 WIB
tips & trik
Tips Menyesuaikan Pengaturan Privasi Akun Google Anda
Google mengumpulkan data tentang pencarian yang Anda lakukan. (afp photo / PHILIPPE HUGUEN)

Metrotvnews.com: Sudah menjadi rahasia umum bahwa Google mengumpulkan informasi penggunanya, mulai dari browser history, lokasi hingga voice search. Alasannya adalah untuk memberikan layanan yang lebih baik dan menawarkan iklan yang lebih relevan.

Sekarang, Google memudahkan penggunanya untuk melihat informasi apa saja yang telah mereka kumpulkan. 

Beberapa hari lalu, The Guardian menyebutkan, setiap perintah audio yang diberikan pada ponsel Android direkam dan dapat dengan mudah diputar kembali via Activity Settings di Google. Hal yang sama dapat dilakukan oleh pengguna iPhone yang memberikan perintah suara via aplikasi Google.

Perintah suara bukanlah satu-satunya informasi yang Google kumpulkan. Di bulan Juni, Google membuat sebuah hub yang disebut My Account. Di sini, pengguna dapat melihat dengan mudah informasi apa saja yang Google kumpulkan. Anda juga dapat mengubah settings yang ada. 

Seperti yang disebutkan oleh Tech Insider, jika Anda menganggap diri sendiri sebagai orang yang peduli dengan privasi, tidak ada salahnya jika melihat pengaturan pada akun Google untuk tahu informasi apa saja yang dibagikan tentang Anda.

Melihat aktivitas data saat Anda membuka aplikasi atau menjelajah internet
Ketika Anda melakukan pencarian via Google Chrome, baik pada komputer atau smartphone Anda, Google melacak kegiatan Anda. Selain itu, mereka juga melacak kegiatan Anda saat Anda menggunakan aplikasi-aplikasi buatan Google, seperti Maps dan Now.

Informasi terkait kegiatan menjelajah internet dan penggunaan aplikasi -- seperti search history dan aktivitas saat menggunakan Maps -- otomatis akan dicatat oleh Google, baik pada perangkat Android atau iPhone, karena informasi ini terikat dengan akun Google. 



Untuk melihat informasi ini, Anda dapat mengunjungi "My Account". Setelah itu, pilih "Kelola aktivitas saya" di bagian "Info & privasi pribadi".

Di sini, Anda dapat melihat kebiasan menjelajah internet Anda dan melihat perangkat apa yang digunakan ketika mengunjungi situs-situs tertentu. Anda juga dapat menghapus aktivitas apa saja yang ingin Anda hapus. 



Jika Anda ingin menghapus semua jejak aktivitas, pilih tombol menu (tiga titik horizontal), pilih "Hapus aktivitas menurut" lalu pilih "sepanjang waktu" di bawah opsi "Hapus menurut tanggal".

Periksa apakah Anda membiarkan lokasi Anda dilacak
Jika Anda memberikan persetujuan, Google akan menggunakan smartphone Anda untuk melacak posisi Anda.



Anda bisa melihat informasi ini di bawah "Riwayat lokasi" di bagian "Kontrol aktivitas".

Mendengarkan perintah suara yang Anda buat dengan Google
Google juga menyimpan rekaman suara ketika Anda melakukan perintah atau pencarian dengan suara. Hanya saja, fitur ini aktif jika pengguna memutuskan untuk menggunakannya. Secara default, fitur ini nonaktif.



Saat fitur ini aktif, setiap kali Anda menggunakan perintah "Ok Google" atau menyentuh ikon mikrofon, Google akan menyimpan rekaman suara Anda. Anda bisa mendengarkan semua rekaman suara Anda di bagian "Kelola riwayat" di bagian "Kontrol aktivitas".

Melihat aktivitas YouTube Anda
Google juga menyimpan data tentang kegiatan Anda di YouTube seperti video apa yang Anda cari dan video yang Anda tonton. Sama seperti pengaturan lainnya, Anda dapat mengubah pengaturan YouTube di "Kontrol aktivitas".

Di sini, Anda bisa melihat tanggal dan waktu Anda mencari atau menonton video tertentu. Selain itu, Anda juga dapat melihat perangkat yang Anda gunakan untuk menonton video tersebut.



Anda dapat mengubah pencarian atau daftar video yang Anda tonton atau menghapus semua data dengan cara yang sama saat Anda menghapus kegiatan Anda saat menjelajah internet.


(MMI)

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP
Review Earphone

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP

2 days Ago

In-Ear Headset H2310 merupakan earphone dengan harga terjangkau lain dari HP yang memberikan ku…

BERITA LAINNYA
Video /