Tips & Trik

Cara Menjelajah Internet Secara Anonim di Android

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Minggu, 25 Feb 2018 15:19 WIB
androidtips dan trik teknologi
Cara Menjelajah Internet Secara Anonim di Android
Ilustrasi.

Jakarta: Internet bisa menjadi tempat yang sangat berbahaya. Perusahaan-perusahaan besar ingin tahu ketertarikan Anda untuk memastikan Anda mendapatkan iklan yang relevan. Sementara ada juga kriminal siber yang ingin mendapatkan data pribadi Anda untuk melakukan tindakan kejahatan. 

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan privasi Anda tetap aman ketika menjelajah internet, Anda bisa menggunakan peramban yang khusus yang memungkinkan Anda untuk menjelajah internet secara anonim, seperti yang disebutkan oleh Addictive Tips

Inilah tiga peramban yang bisa Anda gunakan. 

1. Firefox Focus
Semua orang tahu tentang Firefox. Peramban Android "standar" dari Mozilla ini merupakan salah satu peramban paling populer. Kepopulerannya hanya dikalahkan oleh Chrome. Firefox Focus juga dikembangkan oleh Mozilla. Hanya saja, peramban ini fokus pada privasi pengguna. 



Peramban ini cepat dan memiliki desain minimalis. Ia secara otomatis akan memblokir tracker atau iklan. Semua ini bisa Anda lakukan tanpa harus mengutak-atik bagian pengaturan. Anda cukup memasangnya di perangkat Android dan Anda bisa mengunakannya seperti biasa. 

Ketika Anda menutup peramban ini, Firefox Focus akan secara otomatis menghapus semua data browsing Anda, termasuk history, download history, dan lain sebagainya.

2. Orfox
Peramban Orfox menggunakan jaringan Tor. Privasi Anda dilindungi dengan mengirimkan data Anda ke sejumlah komputer yang ada di internet. Selain itu, Orfox juga dilengkapi dengan enkripsi yang akan mengenkripsi trafik internet Anda. 



Orfox adalah salah satu aplikasi menjelajah internet dengan aman untuk Android. Peramban ini memungkinkan Anda terhubung ke internet tanpa khawatir data akan diambil.

Situs-situs yang Anda kunjungi tidak akan bisa memonitor aktivitas Anda. Selain itu, menggunakan Orfox akan mencegah pihak ketiga berusaha untuk menjangkau ANda berdasarkan kegiatan ANda di internet. 

3. Frost Incognito Browser
Peramban ini adalah salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan untuk menjelajah internet secara anonim. Browser tersebut juga selalu mengaktifkan mode incognito, sehingga semua kegiatan Anda akan terjamin kerahasiaannya. 



Tidak hanya itu, Frost Incognito juga dilengkapi dengan pemblokir iklan dan menggunakan sistem proxy. Dengan kata lain, Anda bisa mengakses situs-situs yang terlarang secara lokal. 

Selamat mencoba!


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.