Tips & Trik

Hias Instagram Stories Pakai Beragam Gaya Tulisan, Caranya?

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 04 Feb 2018 14:22 WIB
tips dan trik teknologiinstagram
Hias Instagram Stories Pakai Beragam Gaya Tulisan, Caranya?
Storied di aplikasi Instagram kehadiran mode baru yakni mode Type untuk penggunanya bercerita lewat tulisan dengan gaya tulisan yang menarik.

Jakarta: Stories menjadi salah satu konten yang populer digunakan pada aplikasi Instagram. Beberapa waktu lalu Instagram memperkenalkan sebuah mode Stories baru. Pengguna bisa menambahkan tulisan di dalamnya dengan beragam gaya tulisan, namanya Type.

Seperti yang diketahui bahwa tulisan atau teks menjadi unsur penghias penting dalam Stories atau pilihan bagi Anda yang gemar bercerita lewat teks. Sebelumnya selama ini pengguna hanya bisa menggunakan satu model tulisan. Kini Instagram menambahkan beberapa model tulisan.

Medcom.id telah menjajal fitur Type di dalam Instagram Stories. Berikut langkah panduan untuk Anda juga mencoba fitur terbaru Instagram tersebut.

1. Akses fitur Stories di Instagram
Sama seperti langkah saat Anda akan membuat Stories. Pertama Anda buka aplikasi Instagram kemudian pilih ikon kamera ynag terletak di sudut kiri atas tampilan aplikasi sehingga Anda akan dialihkan ke halaman pembuatan Stories.

Lalu alihkan perhatian ke bagian bawah layar, geser pilihan mode Stories ke arah kiri menuju mode Type sehingga tampilan pembuatan Stories yang ada di layar berubah.



2. Pilih model tulisan atau teks
Anda akan melihat tampilan layar dengan seuah tulisan transparan "tap to type", tekan bagian tersebut untuk memulai memasukkan kata atau kalimat. Pada bagian atas Anda akan melihat sebuah kolom bertuliskan "Strong", tekan bagian ini untuk memilih beberapa model gaya  tulisan.

Instagram menyediakan 4 jenis model tulisan, mulai dari Strong, Modern, Neon, dan Typewriter. Pada saat Anda menuliskan kalimat akan selalu muncul dua ikon yang berfungsi untuk mengatur posisi paragraf tulisan (rata kiri, rata kanan, tengah) dan warna latar dari tulisan.



3. Memahami fungsi ikon baru fitur Stories di mode Type
Kini Anda harus memahami fungsi dari deretan ikon di bagian bawah. Mulai dari sudut kiri ada ikon bulat yang digunakan untuk mengganti warna latar dari Stories tersebut. Selanjutnya di bagian tengah ada ikon tanda panah samping untuk melanjutkan proses unggah Stories.

Saat Anda memilih ikon tersebut pastikan kamera Anda diarahkan ke foto yang akan menjadi latar  dari Stories karena kamera ponsel akan langsung mengambil foto untuk dijadikan latar Stories.



Di sebelahnya ada ikon dua tanda panah yang berlawanan arah jarum jam yakni untuk mengganti mode kamera ponsel yang digunakan, kamera depan atau kamera belakang. Selanjutnya ikon kamera yang ada di sebelah kanan berfungsi untuk memilih apakah Stories Anda akan menggunakan latar foto atau warna saja.

Apabila Anda sudah menentukan gaya tulisan yang menarik menurut Anda dan follower di Instagram, Anda cukup pilih ikon di bagian tengah tadi untuk melanjutkan ke proses unggah Stories yang Anda buat.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.