Tips & Trik

Begini Cara Cek Pulsa Operator Seluler

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 17 Apr 2018 08:05 WIB
tips dan trik teknologitelekomunikasi
Begini Cara Cek Pulsa Operator Seluler
begini cara memeriksa pulsa pada layanan operator di Indonesia.

Jakarta: Penggunaan layanan komunikasi yang disuguhkan oleh operator seluler, baik melalui layanan prabayar maupun pascabayar. Bagi pengguna layanan prabayar, Anda perlu menabungkan sejumlah uang yang akan ditukarkan menjadi pulsa untuk keperluan komunikasi dan data internet.

Sementara itu, pengguna layanan pascabayar dapat menggunakan layanan tanpa perlu menabung dana terlebih dahulu, dan membayarkan biaya terkait layanan yang digunakan di setiap akhir bulan. Bagi pengguna layanan prabayar, mungkin Anda perlu rutin memeriksa sisa pulsa dan data internet agar tidak kehabisan saat dibutuhkan.

Berikut cara memeriksa pulsa dan data yang kami himpun dari operator seluler Telkomsel, Indosar Ooredoo, XL Axiata, Tri dan Smartfren.
 
  Cara Cek Pulsa
Telkomsel Anda dapat memeriksa sisa pulsa Anda dengan mengetik *888# pada aplikasi Telepon di ponsel Anda, sebelum menekan tombol Panggil/OK/Yes. Melakukan hal ini akan memunculkan halaman pop-up berisi informasi sisa pulsa dan masa berlakunya.

Melakukan hal ini juga akan menampilkan menu promosi serta menu untuk memeriksa sisa kuota. Anda hanya perlu mengetik angka dari menu yang diinginkan kemudian menekan tombol Send, hingga informasi yang dicari muncul pada layar ponsel.
XL Axiata Anda dapat memeriksa sisa pulsa Anda dengan mengetik *123# pada aplikasi Telepon di ponsel Anda, sebelum menekan tombol Panggil/OK/Yes.

Melakukan hal ini juga akan menampilkan halaman popup serupa yang ditampilkan oleh Telkomsel.
Indosat Ooredoo Pengguna layanan operator seluler dengan dominasi warna kuning ini dapat mengetik *123# pada aplikasi Telepon di ponsel Anda.

Sebelum menekan tombol Panggil/OK/Yes, dan akan menampilkan halaman popup berisi informasi sisa pulsa masa berlaku, dan opsi untuk memeriksa kuota internet.
Tri Serupa dengan layanan operator lain, pengguna layanan operator seluler Tri dapat memeriksa sisa pulsa dan masa berlaku, serta mendapatkan opsi untuk mengetahu sisa kuota internet dengan mengetik *111# pada aplikasi Telepon di ponsel Anda, sebelum menekan tombol Panggil/OK/Yes.
Smartfren Pengguna layanan operator Smartfren dapat memeriksa memeriksa sisa pulsa dan masa berlaku, serta mendapatkan opsi untuk mengetahu sisa kuota internet dengan mengetik *999# pada aplikasi Telepon di ponsel Anda, sebelum menekan tombol Panggil/OK/Yes.

Untuk lebih mudah, pengguna layanan operator seluler dapat menggunakan aplikasi MyTelkomsel, MyIM3, MyXL, MySmartfren, dan Bima+, yang dapat diunduh di toko aplikasi Apple App Store atau Google Play Store.

Selain dapat memeriksa sisa pulsa, melalui aplikasi ini, Anda dapat memeriksa paket kuota data yang ditawarkan masing-masing operator dan melakukan pembelian paket data melalui aplikasi tersebut.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.