Tips & Trik

Cara Bikin Unggahan Facebook dalam 2 Bahasa

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 03 Jul 2017 18:24 WIB
media sosialfacebooktips dan trik teknologi
Cara Bikin Unggahan Facebook dalam 2 Bahasa
Ada cara mudah untuk membuat post Facebook tampil dalam 2 bahasa. (Justin Tallis / AFP / Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Anda bisa membuat unggahan dalam lebih dari satu bahasa di Facebook. Caranya pun sederhana. Pertama, aktifkan fitur untuk membuat post dalam lebih dari satu bahasa. Untuk itu, Anda bisa masuk ke bagian Settings dan pilih menu Language pada bagian sebelah kiri. 

Setelah itu, akan muncul menu pengaturan Bahasa di sebalah kanan. Di bagian paling bawah, Anda akan menemukan opsi untuk mengaktifkan fitur untuk membuat post dalam lebih dari satu bahasa. Centang fitur tersebut dan simpan perubahan pengaturan yang telah Anda lakukan.



Untuk membuat post dengan lebih dari satu bahasa, Anda bisa masuk ke beranda dan buat post seperti biasa. Setelah mengetik kalimat yang hendak Anda tuliskan, klik bagian "tulis kiriman dalam bahasa lain", yang ada di bagian kanan bawah, di atas opsi latar belakang status. Akan muncul tulisan "Default: Bahasa Indonesia".

Bahasa default ini adalah bahasa yang Anda gunakan dalam akun Facebook. Jadi, jika Anda menggunakan bahasa Indonesia pada akun Anda, maka bahasa default dalam status juga bahasa Indonesia. Namun, jika Anda menggunakan bahasa lain, seperti bahasa Inggris misalnya, maka bahasa itulah yang akan menjadi default. 



Di bagian bawah, Anda bisa memilih bahasa kedua yang ingin Anda gunakan. Opsi yang ada beragam, mulai dari bahasa Afrika sampai bahasa Yunani. Berdasarkan sedikit percobaan yang Metrotvnews.com lakukan, Facebook masih bisa mengerti bahasa yang tidak baku, seperti kata gue

Namun, sistem penerjemah tidak mengerti konteks kalimat. Misalnya, ketika saya membuat kalimat "saya asli Indonesia" maka hasil terjemahannya adalah "I'm original Indonesia". Dalam unggahan ini, Anda juga bisa menambahkan stiker.

Di beranda teman, kiriman yang Anda buat akan terlihat dalam salah satu bahasa dari 2 bahasa yang Anda gunakan. Biasanya, bahasa yang muncul akan tergantung pada bahasa yang digunakan oleh teman Anda. Misalnya, untuk teman Anda yang juga orang Indonesia, maka post akan muncul dalam bahasa Indonesia. 


(MMI)