Tips & Trik

UKM, Ini Cara Manfaatkan Halaman Facebook

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 27 Aug 2018 15:49 WIB
media sosialfacebooktips dan trik teknologi
UKM, Ini Cara Manfaatkan Halaman Facebook
Ini cara manfaatkan Page Facebook untuk UKM. (AFP PHOTO / JOSH EDELSON)

Jakarta: Menurut studi Omni-Channel Indonesia, TNS pada 2016, 71 persen orang indonesia menggunakan perangkat mobile untuk mencari informasi produk. Sebanyak 48 persen diantaranya melakukan pembelian produk.


Tren ini bisa dimanfaatkan oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk mengembangkan bisnis mereka. Mereka bisa memanfaatkan channel digital, seperti media sosial untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

Facebook menjadi salah satu platform besar, mengingat mereka memiliki 115 juta pengguna di Indonesia. Facebook juga menyebutkan bahwa 62 persen pengguan Indonesia terhubung dengan Page/Halaman Facebook UKM.

1. Buat merek yang konsisten
Membuat Halaman Facebook bisa membantu Anda untuk membangun merek. Untuk foto profil, Anda bisa menggunakan logo perusahaan. Anda sebaiknya menjaga konsistensi merek dengan tidak mengubah logo pad foto profil. Dengan begitu, pengguna akan bisa tahu sebuah konten dibuat oleh Halaman Anda meski mereka hanya melihatnya dengan sekilas.

Setelah itu, Anda juga bisa membuat verifikasi halaman Facebook. Halaman yang telah terverifikasi akan memiliki centang abu-abu. Verifikasi bisa Anda gunakan untuk memastikan bahwa merek Anda kredibel.

2. Fokus pada konten
Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati mengatakan, konten yang Anda buat sebaiknya dibuat agar mobile-friendly atau nyaman untuk dilihat menggunakan smartphone. Mengingat tingkat perhatian pengguna di mobile rendah, Anda juga harus bisa menyampaikan konten dengan cepat.
 
Anda bisa menggunakan video untuk menarik perhatian warganet. Namun, Anda harus memastikan bahwa video bisa memancing perhatian penonton dalam waktu tiga detik.

"Facebook menyebutnya sebagai 'audisi 3 detik'. Sebanyak 65 persen orang yang menonton 3 detik pertama dari sebuah video akan melanjutkan menonton video itu setidanya hingga 10 dan 45 persen lainnya akan menonton video hingga 30 detik ke depan," kata Widowati.

Dia juga menyarankan agar Anda menggunakan caption. Menurut riset internal Facebook, 41 persen video kehilangan arti ketika suara dimatikan sementara banyak orang menonton tanpa suara.

3. Target pelanggan
Anda bisa menargetkan pelanggan berdasarkan minat atau demografi juga lokasi audiens. Facebook menyebutkan, Anda juga bisa menemukan audiens baru berdasarkan data yang Anda punya melalui fitur Pemirsa Serupa.



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.