Tips & Trik

Ingin Akses Google Drive Tanpa Internet? Ini Caranya

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 29 Aug 2017 16:24 WIB
googletips & trik
Ingin Akses Google Drive Tanpa Internet? Ini Caranya
Google Drive kini bisa diakses secara offline

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu keunggulan menggunakan fasilitas penyimpanan cloud seperti Google Drive adalah Anda bisa mengakses file yang disimpan dari berbagai perangkat dengan mudah. Meski demikian, penyimpanan cloud memiliki kelemahan. Seluruh file dan data yang Anda simpan tidak akan bisa diakses jika tidak ada koneksi internet.

Bayangkan saja ketika Anda harus menyelesaikan dokumen pekerjaan yang disimpan di Google Drive namun hal tersebut tidak bisa dilakukan ketika koneksi internet terputus. Lalu apa yang bisa Anda lakukan? Tentu saja akan sangat membantu jika Anda bisa mengakses dokumen tersebut dan mengerjakan pekerjaan Anda dalam keadaan offline. Untungnya, Google memiliki solusi untuk itu.

Menurut Makesuseof, Anda kini bisa mengakse berbagai file dan dokumen yang ada di Google Drive dalam keadaan offline. Begini caranya:

Untuk PC

1. Unduh ekstensi Google Docs Offline melalui Chrome Web Store. Tentu saja Anda harus menggunakan peramban Google Chrome agar bisa melakukan hal ini.



2. Pilih menu Settings lalu tandai opsi Offline yang ada di bagian General. Google akan melakukan sinkronisasi terhadap file dan dokumen Anda. Setelah selesai, Anda akan bisa mengaksesnya secara offline.



Untuk smartphone dan tablet

1. Unduh dan pasang aplikasi Google Drive.

2. Akses menu pengaturan melalui ikon tiga garis horizontal di pojok kiri layar.



3. Pilih opsi Available Offline. Google akan melakukan sinkronisasi terhadap file dan dokumen Anda. Setelah selesai, Anda bisa mengaksesnya secara offline.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan di fitur ini. Salah satu yang terpenting adalah Google tidak akan melakukan sinkronisasi untuk semua file yang ada di Google Drive Anda karena jumlah datanya akan sangat besar.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.