Tips & Trik

Cara Aktifkan Terjemahan di YouTube

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 09 Oct 2017 15:45 WIB
youtubetips dan trik teknologi
Cara Aktifkan Terjemahan di YouTube
Anda bisa mengaktifkan subtitle pada YouTube. (Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketika Anda menonton video di YouTube, pernahkah Anda merasa kesulitan untuk mendengar apa yang dikatakan? Atau ketika Anda mendengarkan video musik, Anda juga ingin lirik lagu tampil agar Anda bisa sambil bernyanyi? Anda bisa mengaktifkan subtitle atau teks terjemahan ketika menonton di YouTube, baik melalui desktop ataupun perangkat mobile.

Bagaimana caranya?

Desktop
1. Buka video yang hendak Anda tonton
2. Klik tombol "CC" pada bagian bawah video
Tombol CC atau closed caption biasanya bisa Anda temukan di sebelah kanan bawah video, di sebelah ikon Settings yang dilambangkan dengan roda gigi. Namun, jangan heran jika tombol ini tidak muncul pada sebagian video karena memang tidak semua video dilengkapi dengan subtitle



3. Ubah bahasa pada subtitle
Di beberapa video, Anda bisa memilih subtitle yang ingin Anda tampilkan. Satu hal yang harus Anda ingat, subtitle yang dibuat secara otomatis atau auto-generate biasanya tidak terlalu akurat, terutama terkait nama. 



Mobile
Pada desktop, Anda harus mengaktifkan subtitle pada setiap video. Lain halnya ketika Anda menggunakan YouTube di perangkat mobile. Pada smartphone atau tablet, Anda harus mengaktifkan subtitle atau caption sejak awal. Untungnya, caranya cukup mudah.

1. Buka aplikasi YouTube
2. Masuk ke akun Anda (yang dilambangkan oleh foto/gambar Anda)
3. Masuk ke menu Settings
4. Pilih opsi Captions
5. Aktifkan CC dengan menggeser tombol di bagian atas. 



Pada perangkat mobile, Anda juga bisa melakukan kustomisasi dari tampilan subtitle yang muncul. Untuk itu, ketuk "Caption Style" dan pilih opsi "Custom", akan muncul berbagai opsi baru di bagian bawah. Secara default, subtitle akan muncul dengan font ukuran medium dengan warna putih pada latar belakang hitam. Dengan opsi Custom, Anda bisa mengubah warna latar belakang, tingkat transparansi dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mengubah bahasa subtitle yang muncul pada video. Satu hal lain yang harus Anda ingat, jika sebuah video memang tidak memiliki subtitle, maka subtitle tetap tidak akan muncul. 




(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.