Tips & Trik

Lakukan Hal Ini Saat Smartphone Terasa Panas

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 19 Jan 2018 15:38 WIB
tips dan trik teknologi
Lakukan Hal Ini Saat Smartphone Terasa Panas
Berikut cara menghadapi smartphone dengan suhu tinggi.

Jakarta: Berbeda dengan komputer, smartphone tidak dilengkapi dengan kipas atau sistem pendingin aktif untuk menjaga perangkat bekerja dengan suhu sesuai. Sementara itu, sebagian besar produsen smartphone mengandalkan metode pendinginan pasif.

Namun, peningkatan suhu tinggi pada bodi perangkat cukup mampu memicu kekhawatiran penggunanya, tidak terkecuali Anda. Peningkatan suhu ini dapat disebabkan oleh beberapa hal di antaranya karena baterai membengkak, akibat proses pengisian daya, dan terlalu lama terpapar sinar matahari.

Berikut langkah yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi peningkatan suhu tersebut.

1. Peningkatan suhu akibat baterai menggembung
Jika mengalami permasalahan ini, sebaiknya Anda segera menanganinya karena berpotensi terbakar atau meledak. Jika menemukan permasalahan ini, segera nonaktifkan ponsel, dan jangan menggunakan atau mengisi daya perangkat Anda.

Kemudian, hubung produsen terkait perangkat pengganti, tetapi perangkat Anda harus masih dilindungi oleh garansi. Anda juga disarankan untuk mengganti baterai ponsel di pusat perbaikan resmi.

2. Peningkatan suhu saat daya perangkat diisi
Pengisian daya dapat menyebabkan peningkatan suhu meski tidak secara signifikan. Hal ini merupakan efek samping dari reaksi kimia yang bertugas untuk mengisi daya. Jika suhu lebih tinggi dari normal, mungkin terdapat masalah dengan charger perangkat.

Untuk itu, segera lepas charger dari ponsel dan soket listrik, dan biarkan suhu keduanya menurun. Kemudian, coba isi kembali daya baterai dengan charger resmi atau charger pihak ketiga berkualitas tinggi, atau charger berbeda. Jika suhu masih tinggi, segera hubungi layanan purna jual resmi produsen perangkat.

3. Peningkatan suhu akibat terlalu lama terpapar sinar matahari
Sebagian besar smartphone hadir dengan balutan bahan plastik atau metal, yang memiliki kemampuan baik dalam menyerap panas. Meletaknya di bawah sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan dapat meningkatkan suhu perangkat.

Jika mengalami hal ini, segera nonaktifkan ponsel dan letakan di tempat yang lebih sejuk. Anda juga tidak disarankan untuk meletakan ponsel di bawah sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama, saat berada di luar ruangan.

Jika Anda harus berada di luar ruangan tanpa tempat berteduh, ada baiknya untuk menonaktifkan ponsel secara berkala, dengan rentang waktu cukup agar komponen di perangkat dapat beristirahat sejenak.

4. Peningkatan suhu akibat menjalankan aplikasi bermuatan tinggi
Memainknan game 3D, mengedit video, atau melakukan tugas intensif menjadi salah satu faktor penyebab peningkatan suhu perangkat. Selain itu, hal ini juga dapat meningkatkan konsumsi daya baterai secara signifikan.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menghentikan game atau aktivitas intensif lainnya selama beberapa waktu, sembari menunggu suhu perangkat mendingin. Anda dapat melanjutkan aktivitas Anda, beri jeda saat suhu mulai terasa panas.

Selamat mencoba!


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.